TribunKaltim/

Gantikan Kalstar, Lion Segera Terbangi Jalur Tanjung Selor - Balikpapan

Saat ini, izin pengoperasian dan izin rute sudah bergulir di Kementrian Perhubungan."Tinggal tunggu waktunya saja," ujarnya.

Gantikan Kalstar, Lion Segera Terbangi Jalur Tanjung Selor - Balikpapan
TRIBUNKALTIM/DOAN PARDEDE
Penumpang turun dari pesawat ATR 42 milik Kalstar Aviation yang baru mendarat di Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor, beberapa waktu lalu. 


Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Bukan hanya molor dari rencana awal, rencana maskapai Kalstar untuk mengoperasikan pesawat ATR 72 miliknya di Bandara Kelas IIIC Tanjung Harapan Tanjung Selor, Provinsi Kaltara, kemungkinan besar batal.

Hal ini diungkapkan Kepala Sub Seksi Tekhnik, Operasi, Keamanan, dan Pelayanan Darurat Penyelenggara Bandara Kelas III-C Tanjung Harapan Robby Fajar Suryanegara ketika ditemui di ruangannya, Jumat (19/5/2017).

Untuk diketahui, landasan pacu (runway) Bandara Tanjung Harapan kini sudah diperpanjang dari 1.200 meter menjadi 1.400 meter.

Selama ini, bandara ini hanya bisa didarati pesawat jenis ATR 42 dengan kapasitas sekitar 40an penumpang. Namun dengan runway baru ini, pesawat yang mendarat bisa lebih besar yakni ATR 72 dengan kapasitas 70an penumpang.

Runway sendiri sudah diverifikasi oleh Kementrian Perhubungan dan sudah dinyatakan layak untuk ATR 72.

Beberapa waktu lalu, salah satu maskapai di Tanjung Selor, Kalstar Aviation sudah menyatakan kesiapan untuk mengoperasikan ATR 72 miliknya. Dan uji coba di beberapa rute baru salah satunya Tanjung Selor-Balikpapan (pulang-pergi) dengan menggunakan ATR 42 sudah mulai dilakukan sejak akhir tahun 2016 lalu.

Bahkan kabar terakhir, kata Roby, maskapai Kalstar sudah berencana menghapus rute baru untuk ATR 72 Tanjung Selor-Balikpapan, yang sedang diuji coba tersebut. Alasan yang disampaikan, jumlah penumpang selama uji coba dilakukan tidak menjanjikan.

"Kalstar mundur, dia malah minta dicabut rute Tanjung Selor-Balikpapannya," ujarnya.

Namun kabar baiknya, lanjut Roby, maskapai Lion Air sudah memberikan sinyal positif untuk segera mulai beroperasi dengan ATR 72. Saat ini, izin pengoperasian dan izin rute sudah bergulir di Kementrian Perhubungan.

"Tinggal tunggu waktunya saja," ujarnya.

Berdasarkan informasi sementara, Lion Air mengajukan rute baru untuk tujuan Tanjung Selor, Balikpapan, Malinau, Nunukan, dan beberapa titik lainnya di Provinsi Kaltara.

Melihat keseriusan dan kemajuan proses izin, dia memperkirakan maskapai Lion Air sudah mulai mengoperasikan ATR 72 miliknya disaat terjadi lonjakan penumpang atau peak season, seminggu sebelum Lebaran.

"Bisa saja dia masuk pas seminggu sebelum Lebaran. Pas peak season mulai. Kalau (izin) rutenya sudah, dia pasti menangkap momen itu, seminggu sebelum lebaran," ujarnya.(*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help