TribunKaltim/

Lomba Ini Menjadi Ukuran Pembinaan Pramuka Penggalang

Kepada para peserta, berlombalah secara sportif dan jaga kekompakan. Karena ini adalah lomba regu, maka yang dibangun kerjasama,” ujarnya.

Lomba Ini Menjadi Ukuran Pembinaan Pramuka Penggalang
TRIBUNKALTIM.CO/NIKO RURU
Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, Petrus Kanisius dan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan, Trisno Hadi, Jumat (18/5/2017) memberikan selamat berlomba kepada regu putra asal Kwaran Kecamatan Nunukan Selatan. 

 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Niko Ruru
 
TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN- Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid memastikan, Pemerintah Kabupaten Nunukan akan terus memberikan perhatian terhadap pengembangan Gerakan Pramuka di daerah ini.

Karena itu, dia juga berharap pelaksanaan Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang Kabupaten Nunukan bisa menjadi sarana untuk menunjukkan keberhasilan pembinaan Pramuka yang dilakukan di daerah ini.

“Saya berharap melalui lomba ini kita bisa melihat dan menilai, sejauh mana tingkat keberhasilan pembinaan Pramuka khususnya ditingkat Penggalang,” kata Bupati dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, Petrus Kanisius, Jumat (19/5/2017) saat membuka pelaksanaan Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang Kabupaten Nunukan di Pantai Eching, Kecamatan Nunukan Selatan.

Bupati berharap, kegiatan ini menjadi ukuran kemampuan, keterampilan, fisik dan sikap sebagai Pramuka.

“Kepada para peserta, berlombalah secara sportif dan jaga kekompakan. Karena ini adalah lomba regu, maka yang dibangun kerjasama,” ujarnya.

Dia mengingatkan agar peserta benar-benar memanfaatkan kesempatan yang hanya berlangsung setiap lima tahun sekali ini.

“Berlombalah dengan penuh semangat, fokus dan riang gembira,” katanya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan, Trisno Hadi, menjelaskan, Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang Kabupaten Nunukan dilaksanakan untuk mempersiapkan satu regu putra dan satu regu putri mewakili Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan pada Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang Kwartir Daerah Kalimantan Utara, Juli mendatang.

Ada delapan regu dari empat kwartir ranting yang lolos sebagai peserta Lomba Tingkat III. Para peserta ini merupakan regu berprestasi tinggi pada Lomba Tingkat II yang dilaksanakan kwartir ranting masing-masing. Seleksi dimulai dari gugus depan masing-masing melalui Lomba Tingkat I.

Dijelaskan, dari Kwartir Ranting Kecamatan Nunukan regu putra maupun putri diwakili gugus depan SMP Katolik Santo Gabriel. Dari Kwartir Ranting Kecamatan Nunukan Selatan regu putra diwakili gugus depan SMP Negeri 2 sedangkan regu putri diwakili gugus depan SMP Katolik Fransisco Yashinta.  

Dari Kwartir Ranting Kecamatan Sebatik Utara, regu putra maupun putri diwakili gugus depan SMP Negeri 1.  Sedangkan dari Kwartir Ranting Kecamatan Sebatik Timur regu putra diwakili gugus depan MTs YIIPS sedangkan regu putri diwakili gugus depan MTs As’ Adiyah. 

Selama pelaksanakaan kegiatan 18-21 Mei 2017, para peserta mengikuti 20 mata lomba terdiri dari lima mata lomba dari Kelompok Agama, Mental, Patriotisme dan Sikap Bermasyarakat, 10 mata lomba dari Kelompok Keterampilan dan Kecakapan, Ketangkasan, Karya dan Usaha serta Praktek Ketatalaksanaan Praktis dan 5 mata lomba dari Kelompok Pengetahuan dan Teknologi, Kebersihan Kerapian, Apresiasi Seni dan Budaya serta Kesehatan. 

Sebelumnya pada Kamis (18/5/2017), Trisno Hadi menerima secara adat para peserta Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang Kabupaten Nunukan.

Pada upacara penerimaan para peserta secara adat yang berlangsung di Pantai Eching, Mako Pangkalan Angkatan Laut Nunukan, Kecamatan Nunukan Selatan itu, Trisno menerima delapan regu yang berasal dari empat kwartir ranting di Kabupaten Nunukan.

Trisno menerima bendera masing-masing gugus depan dari para pengurus kwartir ranting, lalu menyerahkannya kepada Faisal selaku Ketua Panitia Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang Kabupaten Nunukan 2017.(*)
 

Penulis: Niko Ruru
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help