TribunKaltim/

Antisipasi Radikalisme, BNPT Boyong Mantan Pelaku Terorisme

Diskusi juga hadirkan, salah satu mantan pelaku terorisme, yang kini sudah tak lagi ikut paham radikal, dan menjadi mitra kerja bagi BNPT.

Antisipasi Radikalisme, BNPT Boyong Mantan Pelaku Terorisme
tribunkaltim.co/anjas pratama
Direktur Pencegahan Terorisme BNPT, Brigjen Pol Hamli Amli (berdiri) saat paparkan topik menjaga masjid dari paham radikalisme, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Sabtu (20/5/2017) . 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pencegahan paham radikalisme masuk ke masjid, musholla, serta langgar di Kaltim, khususnya Samarinda, Badan Nasional Penanggulangan Terosisme (BNPT) gelar diskusi bersama dengan Takmir-takmir Masjid, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Sabtu (20/5/2017).

Diskusi juga hadirkan, salah satu mantan pelaku terorisme, yang kini sudah tak lagi ikut paham radikal, dan menjadi mitra kerja bagi BNPT.

"Namanya pak Kurnia. Mantan ahli bom, khususnya bom kimia. Dahulu, saat masih di paham radikal, pak Kurnia yang membuat bom, sementara saya sebagai aparat yang memeriksa.

Tadi saat sama-sama jalan kaki menuju hotel, sempat saling tertawa mengingat apa yang dilakukan dulu.

Baca: Pelaku Teror Bom Rakitan Palsu Dijerat UU Terorisme, Walau tak Terlibat Jaringan Teroris

Baca: Menyelamatkan Pemuda Indonesia dari Radikalisme

Sekarang pak Kurnia sudah tak lagi radikal, dan akan memberikan penjelasan pula pada anda," ujar Direktur Pencegahan Terorisme BNPT, Brigjen Pol. Hamli Amli.

Sementara itu, Hasyim Miradjie, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kaltim, sebagai mitra BNPT di daerah, menyatakan harus ada upaya hentikan masuknya paham-paham radikal di daerah melalui masjid, serta langgar ataupun mushola.

"Kemarin di gereja Oikumene, ada masjid yang menjadi tempat berkumpulnya pelaku radikal. Masjid hanya berjarak beberapa meter dari lokasi bom di gereja Oikumene. Ini yang harus diantisipasi," ujarnya. (*)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help