TribunKaltim/

Bermodal Ember dan Selang, Warga Padamkan Api di Gunung Bahagia

"Baru ini kebakaran. Kalau ancaman sudah tiga kali. Dari informasi petugas tadi, katanya gara-gara korslet listrik," bebernya.

Bermodal Ember dan Selang, Warga Padamkan Api di Gunung Bahagia
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Warga masih melakukan pendinginan usai api berhasil dikuasai. Kebakaran terjadi di Jalan Jendral Sudirman RT 25, Gang Mesjid Al-Ikhlas, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Sabtu (20/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Musibah kebakaran kembali terjadi di Jalan Jenderal Sudirman RT 25, Gang Masjid Al- Ikhlas, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

Rumah nomor 82 milik Baswah yang ditinggali 3 KK 6 jiwa tersebut dilahap api, Sabtu (20/5/2017) sekitar 17.00 Wita.

Beruntung saat api membakar bagian lantai 2 rumah tersebut, warga sekitar sigap melakukan upaya pemadaman.

Dengan mengandalkan air yang diambil menggunakan ember dan selang, mereka bahu membahu memadamkan api. Walhasil, api tak sempat menyebar ke rumah lainnya.

"Warga semua turun yang dari golf, sama laut. Pakai ember mereka siram itu rumah pas terbakar. Juga ada yang pakai selang air. Api mulai padam, baru pemadam datang," kata Mariani (56) warga RT 26 di lokasi kejadian.

Sementara warga lainnya, Rahmat (50) mengatakan baru kali perdana pemukiman tempat tinggalnya mengalami musibah kebakaran.

"Baru ini kebakaran. Kalau ancaman sudah tiga kali. Dari informasi petugas tadi, katanya gara-gara korslet listrik," bebernya.

Di lain pihak, Kepala BPBD Balikpapan Suseno mengatakan kebakaran menghanguskan 80% rumah. Bagian yang terbakar di antaranya, dapur di lantai 1 dan kamar lantai 2.

"Tidak ada saksi mata pada saat kejadian. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," katanya.

Belakangan diketahui, seorang warga, Firman (46) tertimpa pecahan kaca saat membantu proses pemadaman. "Tak ada korban jiwa. Hanya ada warga yang tertimpa kaca," ujar Suseno.

Selain warga, adapun unsur yang terlibat BPBD, Balakarcana, Tagana, PolPP, PKPU, PMI, PLN, PP, Babinsa, Kelurahan Gunung Bahagia Polsek Selatan dan AGDT. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help