TribunKaltim/

SMP dan SMK Madina Gelar Wisuda Sabtu Pagi, Begini Kesan Mendalam Dua Siswa Berprestasi

"Senang dan bersyukur orangtua saya dulu memilihkan saya bersekolah di SMP IT Madina. Banyak kenangan terukir," ujarnya.

SMP dan SMK Madina Gelar Wisuda Sabtu Pagi, Begini Kesan Mendalam Dua Siswa Berprestasi
HO
Siswa SMP Islam Terpadu (SMP IT) Madina sedang latihan wisuda di auditorium Unmul Jumat (19/5/2017). Hari ini Sabtu(19/5/2017), 108 siswa dari SMP angkatan ke 15 SMK Madina angkatan ke 6 menjalani prosesi wisuda .(HO) 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Nevrianto Hardi Prasetyo

TRIBUNKALTIM.CO - Pendidikan kepemimpinan menjadi fokus penting yang ditanamkan Yayasan Nurul Haq. Yayasan yang menaungi SMP Islam Terpadu (SMP IT) Madina dan SMK Terpadu Madina tersebut akan menggelar  Wisuda SMP angkatan ke 15 dan SMK angkatan ke 6, bertempat di Auditorium Kampus Unmul, Sabtu(19/5/2017).

Ketua Yayasan Pendidikan Islam (Yapendis) Nurul Haq, Husni Muttaqien, menuturkan pada TribunKaltim.co, Jumat(18/5/2017), doktrin leadership selalu ditanamkan sekolah agar selalu menjadi pegangan di manapun siswa lulusan berada.

Mereka harus ingat tiga pegangan kepemimpinan, yakni Know the Way, Show the Way, dan Gos the Way.

"Selayaknya mereka senantiasa mengingat semua ilmu yang telah kami berikan baik dalam bidang aqidah ,akhlak, ibadah, muamalah, serta ilmu ilmu lainnya. Tak lupa mereka terus meningkatkannya di manapun mereka berada dengan banyak hadir dimajelis ilmu, banyak membaca buku-buku yang lurus, dan bertanya kepada ahli Islam," ujar Husni.

Kemudian Show The Way. Wajib bagi mereka untuk menyampaikan ilmu yg telah didapat yang merupakan jalan (way) yang benar kepada orang lain. Untuk itu kemampuan ilmu da'wah harus terus diasah. Baik da'wah umum di majelis ilmu maupun khusus pendekatan pribadi.

"Adapun Goes the Way, selayaknya kita yang lebih dulu tahu dan berani menyampaikan yang kita tahu dari jalan hidup yang benar ini ( Islam) , agar menjadi garda terdepan dalam memberikan contoh kepada masyarakat. Yakni dengan menjadi pelaksana awal tiap konsep hidup yang kita sampaikan. Amat besar kebencian di sisi Allah Subhaanahu a Ta'ala jika kita mengatakan yang tidak kita perbuat, sesuai firman-Nya dalam Surah Ash-Shaff ayat ke 3," harapnya.

Ketua Panitia Wisuda, Marliono, menuturkan jumlah siswa wisuda dari SMP IT dan SMK Terpadu Madina berjumlah 108 siswa. Terdiri dari 46 siswa dan 62 siswi .

"Tema wisuda tahun ini adalah Realese a Future Leaders. Acara wisuda akan dimeriahkan hiburan dari santri Madina. Di antaranya nasyid, drama, deklamasi puisi, story telling, juga penampilan silat. Disamping itu akan diberikan penghargaan kepada wisudawan dengan berbagai kategori. Diantaranya santri berprestasi, santri teladan, rajin ibadah, penuh karya, dispilin tinggi, paling ramah, berjiwa sosial, dan santri humoris. Penghargaan juga diberikan kepada guru dan karyawan," jelasnya.

Kepala Sekolah SMP IT Madina, Hairuddin, berharap wisudawan tahun ini setelah lulus dapat melanjutkan pendidikannya.

"Bagi yang putri bisa melanjutkan ke SMA Madina Citra Insani dan yang putra bisa melanjutkan ke SMK Terpadu Madina. Kalaupun tidak, semoga mereka bisa terus istiqomah,"ujanya.

Siswa terbaik jumaidil Akbar, mengaku terkesan selama masa pendidikan.

"SMP Madina memberi saya ilmu pengalaman bagaimana menjalani hidup, bermanfaat bagi dunia dan akhirat. Di sini kami menjalani kehidupan dengan suka dan duka, bersosialisasi, canda dan tawa. Walaupun terkadang muncul rasa bosan, tapi tetap berusaha mengusir kebosanan dengan banyak kegiatan," tuturnya.

Siswi peraih nilai terbaik, Rizky Amelia Kartika Sagala, mengutarakan hal senada.

"Senang dan bersyukur orangtua saya dulu memilihkan saya bersekolah di SMP IT Madina. Banyak kenangan terukir. Termasuk ketika saya harus kehilangan ayah, tak lama disusul ibu. Saya bisa kuat karena Allah pilihkan teman-teman, guru, dan wali asrama yang selalu mengajarkan kepada saya arti hidup sebenarnya," kenangnya. (*)

Penulis: Nevrianto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help