TribunKaltim/

Berita Video

VIDEO – Ini Loh Cara Pembuatan Krupuk Koin Yang Yang Terkenal Itu

Terletak di RT 40 Kelurahan Telagasari Balikpapan Kota, kerupuk koin milik Mukadi merupakan salah satu pelopor ketenaran kerupuk koin di Kota Beriman.

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Arif Fadilah

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Siapa yang tidak mengenal kerupuk koin atau kerupuk bawang, makanan ini sangat populer di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tidak hanya sebagai pelengkap menu makanan, kerupuk koin juga kerap dijadikan camilan hingga untuk pengganjal rasa lapar.

Keberadaan tempat produksi kerupuk koin di Balikpapan mudah ditemukan. Namun dari sekian banyak, kerupuk koin milik Mukadi rupanya sudah berjalan 22 tahun lamanya.

Terletak di RT 40 Kelurahan Telagasari Balikpapan Kota, kerupuk koin milik Mukadi merupakan salah satu pelopor ketenaran kerupuk koin di Kota Beriman.

Dalam sehari Mukadi bisa memproduksi 1 kwintal kerupuk  per hari. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung, bawang putih, garam, minyak goreng, air.

Omset yang dihasilkan dalam sebulan cukup menggiurkan yakni kurang lebih Rp 50 juta dalam sebulan.

Proses pembuatannya memerlukan waktu tiga hari. Pertama harus membuat adonan yang berisi air, garam, dan tepung. Setelah jadi adonan dimasukkan ke dalam plastik panjang sebagai proses pencetakan yang akan direbus di dalam air yang mendidih.

Baca: VIDEO – Anak laki-laki 13 tahun Secara Tidak Sengaja Membunuh Temannya Saat Live Facebook

Ketika sudah matang, adonan didiami beberapa jam yang kemudian di potong. Proses selanjutnya kerupuk yang sudah di potong-potong dijemur selama dua hari. Sehari kemudian kerupuk koin siap untuk digoreng dan kemudian siap dikemas untuk dipasarkan.

Penulis: Arif Fadilah
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help