TribunKaltim/

Ribuan Warga Pedalaman Ini Larut dalam Pesta Tari Kolosal Meriahkan HUT Mahulu

Inilah momen yang ditunggu-tunggu masyarakat di kabupaten termuda di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia

Ribuan Warga Pedalaman Ini Larut dalam Pesta Tari Kolosal Meriahkan HUT Mahulu
Ratusan warga menyatu dalam tarian kolosal guna memeriahkan HUT Kabupaten MahakamUlu (Mahulu) di lapangan Ujoh Bilang, Long Bagun, Sabtu. Mahulu merupakan pecahan dari kabupaten Kutai Barat, yang sebelumnya menjadi bagian dari kabupaten Kutai Kartanegara.

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Sabtu, 20 Mei 2017 merupakan hari bersejarah yang tidak bisa terlupakan bagi masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Pemerintah Kabupaten dan seluruh masyarakat Mahulu kemarin tengah bersuka cita merayakan hari jadinya ke-IV.

Inilah momen yang ditunggu-tunggu masyarakat di kabupaten termuda di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia ini. Termasuk nguri-nguri budaya melalui kegiatan seni dan budaya yang digelar besar-besaran dua tahun sekali.

Sekitar pukul 09.00 Wita, ribuan masyarakat Mahulu datang dari seluruh kampung di lima kecamatan. Mereka tumpah ruah di Lapangan Sepakbola Ujoh Bilang, Long Bagun. Yah, mereka ingin menyaksikan parade kesenian etnis-etnis yang ada di Mahulu.

Pembukaan diawali upacara yang dipimpin Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, dilanjutkan aneka hiburan, di antaranya tarian kolosal, menggabungkan semua tarian etnis di Mahulu.

Etnis itu, antara lain Kenyah dengan tarian Datun, Aoheng, Bahau Ngarang Doq, Hudoq dan ditutup tarian kontemporer. Tarian ini melambangkan semua etnis yang ada di Mahulu hidup rukun harmonis, berdampingan satu sama lainnya.

Tak hanya masyarakat Mahulu yang bahagia, sejumlah tokoh Kaltim, termasuk DPR RI turut bahagia menyaksikan pesta budaya itu.

Kabag Humas dan Protokol Setkab Mahulu Christianus Arie Dedy Bang mengungkapkan, peringatan HUT ke-4 Mahulu diawali upacara adat Mongosang yang dilaksanakan dari Suku Dayak Etnis Aoheng.

Acara ini dihadiri dan dibuka Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, dihadiri Wakil Bupati Drs Y Juan Jenau, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Mahulu Yovita bulan Bonifasius dan Martina Luaq Juan serta pejabat lainnya dilingkungan Pemkab Mahulu serta tokoh adat di Balai Adat Kampung Long Bagun ilir.

Dia juga mengungkapkan sebelum sampai acara puncak, panitia telah menggelar berbagai kegiatan lomba olahraga tradisional dan tari pedalaman yang diikuti lima kecamatan. "Rangkaian acara telah kita lakukan sejak 15 Mei lalu, " tegasnya.

Selain menggelar festival kesenian, menyambut HUT Mahulu tahun ini, juga ada launching Gerbangmas, Puskemas Berjalan, penyerahan dana ADK secara simbolis oleh Bupati Mahakam Ulu berupa Peraturan Bupati dan Buku Pedoman Pengelolaan ADK. Malamnya ada resepsi, kembang api dan hiburan yang dimeriahkan artis ibukota. (naw)

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help