TribunKaltim/

Demi Bangun Tembok Pembatas, Donald Trump Pangkas Bantuan Orang Miskin

Usulan anggaran belanja Amerika Serikat tahun fiskal 2017, total 4,1 triliun dolar. Karena itu biaya layanan sosial orang miskin akan dipangkas.

Demi Bangun Tembok Pembatas, Donald Trump Pangkas Bantuan Orang Miskin
(MANDEL NGAN/AFP)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump 

TRIBUNKALTIM.CO, WASHINGTON DC - Gedung Putih mengumumkan usulan anggaran belanja negara Amerika Serikat tahun fiskal 2017, dengan total 4,1 triliun dolar atau sekitar Rp 55.000 triliun. Dalam rencana anggaran tersebut, pengeluaran untuk layanan sosial bagi orang miskin yang justru akan dipangkas.

Usulan anggaran itu mencakup budget bagi Ivanka Trump yang akan digunakan untuk menggaji para orang tua yang mengambil cuti kerja.

Militer juga akan mendapat tambahan anggaran sebanyak 10 persen, sementara dana 1,6 miliar dolar AS akan dialokasikan untuk membangun tembok pembatas dengan Meksiko.

Presiden Donald Trump saat sedang berada di luar negeri saat Gedung Putih mengumumkan rancangan anggaran pemerintah yang diberi nama "Fondasi Baru untuk Kejayaan Amerika".

Direktur anggaran Gedung Putih, Mick Mulvaney, Selasa (23/5/2017) menyatakan, usulan anggaran itu 'berdasarkan semua prioritas Presiden.'

Usulan anggaran ini tidak akan langsung diterapkan. Sebab ini pada dasarnya adalah postur anggaran belanja yang diinginkan pemerintah dan biasanya kecil kemungkinannya untuk diterapkan.

Senat dan DPR Amerika memiliki rancangan anggaran sendiri, yang akan mereka sahkan untuk kemudian digunakan pemerintah.

Usulan dari pemerintah ini diharapkan menjadi acuan bagi Kongres Amerika yang didominasi orang-orang Partai Republik.

Sejumlah kritik menyebutkan rancangan anggaran Trump akan memukul pendukung sang presiden sendiri.

Di dalam rencana itu, layanan bantuan makanan bagi warga berpendapatan rendah dan miskin, akan dibabat sebesar 190 miliar dolar AS atau Rp 2.500 triliun.

Halaman
123
Editor: Maturidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help