TribunKaltim/

Usaha Skala Kecil Menengah Dominasi Jumlah Usaha di Kaltim

"Namun dilihat dari pertumbuhannya, Kabupaten Kutai Timur memiliki pertumbuhan usaha tertinggi yaitu 104 persen".

Usaha Skala Kecil Menengah Dominasi Jumlah Usaha di Kaltim
TRIBUN KALTIM/SAMIR
ILUSTRASI - Bupati Yusran Aspar bersama Kepala BPS PPU Syahruni usai menempelkan stiker Sensus Ekonomi di kediamannya. Bupati Yusran Aspar meminta kepada masyarakat untuk mendukung dan memberikan data akurat kepada petugas 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Rafan A Dwinanto

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sektor Usaha dengan skala Kecil Menengah (UKM) perlu mendapat pembinaan serius dari Pemerintah. Berdasarkan hasil Sensus Ekonomi (SE) 2016, UKM di Kaltim mencapai 96,81 persen dari jumlah usaha di Bumi Etam. Sedangkan sisanya merupakan Usaha Menengah Besar (UMB).

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, M Habibullah, di sela-sela launching data hasil SE 2016, di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (24/5/2017).

Habibullah mengatakan, terjadi peningkatan jumlah usaha di Kaltim dibanding 2006 lalu, sebesar 28 persen. Saat ini, terdapat sekitar 313 ribu usaha di Provinsi ini.

"Dilihat data yang ada, UKM punya peran besar. Sektor UKM ini yang harus dibina, dibantu modal kemudian, pemasaran. Jika dikelola baik, UKM bisa mendatangkan PAD (pendapatan asli daerah) dari penarikan retribusi dan pajak," ujar Habibullah.

Namun, menurut Habibullah, kendala utama yang dihadapi UKM adalah permodalan dan pemasaran. "Di sini Pemerintah bisa masuk dengan program pembinaan," katanya. 

Dilihat berdasarkan kabupaten/kota, Kota Samarinda merupakan kabupaten/kota dengan jumlah usaha terbanyak yaitu 83.000 usaha. Disusul Balikpapan dan Samarinda.

"Namun dilihat dari pertumbuhannya, Kabupaten Kutai Timur memiliki pertumbuhan usaha tertinggi yaitu 104 persen atau lebih dari dua kali lipat dari jumlah sebelumnya. Sementara Kota Balikpapan merupakan kabupaten/kota dengan pertumbuhan terendah yakni 15 persen," tuturnya. (*)

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help