TribunKaltim/

Pilgub Kaltim

Alot Setujui Dana Pilgub 2018, Komisi I DPRD Kaltim Panggil BPKAD

Komisi yang membidangi pemerintahan, hukum dan pilkada, meminta penjelasan BPKAD terkait, anggaran dana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim.

Alot Setujui Dana Pilgub 2018, Komisi I DPRD Kaltim Panggil BPKAD
tribunkaltim.co/budhi hartono
Josep, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kaltim 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Komisi I DPRD Provinsi Kaltim, terpaksa memanggil Biro Perlengkapan, Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Kaltim.

Komisi yang membidangi pemerintahan, hukum dan pilkada, meminta penjelasan BPKAD terkait, anggaran dana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim periode 2018-2023.

"Kebetulan saya habis reses. Saya sudah baca berita soal KPU tidak bersedia menggelar pilgub jika anggarannya kurang dari Rp 356 miliar," ucap Ketua Komisi I DPRD Kaltim Josep, kepada Tribun, di Samarinda, Jumat (26/5/2017).

Menurut dia, alotnya pembahasan anggaran Pilgub 2018, lantaran minimnya dana APBD karena mengalami defisit.

Baca: Hadi Mulyadi Ingin Waris Husein Dampingi di Pilgub Kaltim 2018

Untuk mencari solusi, perdebatan anggaran pilgub, Komisi I DPRD Kaltim meminta penjelasan dan alasan BPKAD.

"Senin (29/5/2017) saya panggil BPKAD. Komisi I minta penjelasan dan alasan pemerintah soal anggaran. Saya sudah komunikasi dengan anggota dan pihak pemerintah," ujarnya.

Ia menambahkan, kabarnya Pemprov Kaltim akan meminta bantuan pusat terkait kekurangan anggaran Pilgub 2018. Padahal, lanjut dia, untuk kegiatan pilkada, tidak ada bantuan dari APBN.

Baca: Segini Harga Kursi Partai di Pilgub Kaltim Menurut Andi Harun

"‎Ini yang mau saya tanyakan. Apakah mau minta bantuan APBN atau dana lain? Kalau minta bantun APBN, tidak ada ruang dan tidak bisa. Tapi kalau minta bantun ke Kemendagri, untuk mempercepat pencairan dana kurang salur, mungkin saja itu yang dimaksud meminta bantuan pemerintah pusat. Ini mau kita pertanyakan dulu," tutur Josep, dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Kaltim. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help