Ledakan di Kampung Melayu

Foto-foto Korban Bom Kampung Melayu Beredar Masif, Apa Motivasi Orang yang Menyebarnya?

Sebenarnya, apa motivasi orang yang tega menyebarluaskan gambar atau video potongan tubuh korban?

Foto-foto Korban Bom Kampung Melayu Beredar Masif, Apa Motivasi Orang yang Menyebarnya?
Weedezign
Berbagi di media sosial 

TRIBUNKALTIM.CO -- Di era sekarang ini, hampir semua peristiwa bisa ketahui dari penyebaran informasi di media sosial (medsos).

Terkadang, informasi itu bahkan lebih cepat dari media mainstream. Tak terkecuali peristiwa-peristiwa yang menimbulkan kengerian.

Seperti baru-baru ini, masifnya penyebaran foto-foto korban bom Kampung Melayu. Sebenarnya, apa motivasi orang yang tega menyebarluaskan gambar atau video potongan tubuh korban?

Psikolog Ratih Andjani Ibrahim, M.PSi, menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang langsung menyebarkan foto-foto korban bom sesaat setelah kejadian pada Rabu (24/5/2017) malam.

"Motivasinya ada yang positif ada yang negatif. Yang positif mungkin pada dasarnya ingin memberi tahu ada sebuah tragedi. Dengan menyebarkan ia ingin supaya kita juga aware," kata Ratih ketika dihubungi KompasLifestyle (25/5/2017).

Baca: Sebaiknya Jangan Melihat, Sekaligus Menyebarkan Foto dan Video Korban Bom, Ini Alasannya

Ia juga meyebut, dengan menyebarkan foto tersebut mungkin supaya kita juga ikut mendoakan. "Ada daya empati dan dengan adanya kejadian yang menimpa korban, kita diingatkan untuk mawas diri," paparnya.

Selain itu, ada juga orang yang ingin menyebarkan foto korban karena ada kecenderungan menyukai sebuah sensasi.

"Kalau berita atas sebuah peristiwa hanya berupa teks saja daya sensasinya hilang. Jadi berita langsung lewat saja. Makanya, ditambah bumbu-bumbu sensasi berupa foto-foto itu untuk menunjukkan dampak terburuk dari sebuah kejadian," papar direktur lembaga psikologi Personal Growth ini.

Kami Tidak Takut
Kami Tidak Takut (KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI)

Namun, ada juga motivasi negatif dari penyebar konten mengerikan itu. Menurut Ratih, di kelompok ketiga ini adalah orang yang memang sengaja ingin menyebarkan teror. 

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved