TribunKaltim/

Korem 091 Aji Surya Natakesuma

Malaysia Deportasi Ratusan TKI Bermasalah

Pemulangan TKI itu dilakukan pada Jumat (26/5/2017) kemarin, dengan menggunakan KM Labuan dan KM Mieds Express, dan tiba sekitar pukul 18.00 wita di p

Malaysia Deportasi Ratusan TKI Bermasalah
HO/Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN)
Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long (Awl) melakukan pendataan terhadap TKI yang di deportasi dari Malaysia, Sabtu (27/5/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kembali di deportasi oleh pemerintah Malaysia karena berbagai permasalahan.

Pemulangan TKI itu dilakukan pada Jumat (26/5/2017) kemarin, dengan menggunakan KM Labuan dan KM Mieds Express, dan tiba sekitar pukul 18.00 wita di pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara.

Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long (Awl) pun telah siap menerima dan membantu TKI sesampainya di pelabuhan. Terdapat 132 warga yang dideportasi, diantaranya 101 pria, 18 perempuan dan 13 anak di bawah umur.

"TKI kembali di deportasi dari Malaysia, mereka dipulangkan karena sejumlah persoalan mulai dari masalah keimigrasian hingga terdapat diantaranya yang positif menggunakan narkoba," ungkap Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 611/Awl, Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto.

Baca: Tentara Perbatasan Amankan Miras Asal Malaysia dari Perahu Tanpa Awak

Dari data yang ada, terdapat 124 orang yang melanggar keimigrasian, lalu 6 orang yang terlibat penyelahgunaan narkotika dan 2 orang lainnya terlibat kasus kriminal umum.

"Setelah dilakukan pendataan, mereka akan ditampung di rusunawa Pemkab Nunukan oleh BP3TKI. Dan, dari keterangan para banyak diantaranya yang memilih pulang ke daerah asal, namun ada juga yang ingin kembali ke Malaysia setelah melengkapi dokumen keimigrasian, dan ada juga yang bertahan di Nunukan," urai Dansatgas. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help