TribunKaltim/

Makan Gorengan Saat Sahur Bisa Bikin Rasa Kantuk, Begini Penjelasannya

Menurut Wahyu Budi Triana, S.Gz, RD, spesialis gizi RS Permata Pamulang, selain karena kebiasaan, rasa mengantuk ini juga dipengaruhi oleh faktor...

Makan Gorengan Saat Sahur Bisa Bikin Rasa Kantuk, Begini Penjelasannya
istimewa
Aneka gorengan 

TRIBUNKALTIM.CO - Mengapa orang merasa mengantuk atau lemas usai menyantap menu sahur?

Menurut Wahyu Budi Triana, S.Gz, RD, spesialis gizi RS Permata Pamulang, selain karena kebiasaan, rasa mengantuk ini juga dipengaruhi oleh faktor makanan yang dikonsumsi.

Misalnya, mengonsumsi makanan sumber karbohidrat sederhana (contohnya nasi) yang berlebihan. Biasanya, ini dilakukan karena takut merasa lapar di siang harinya.

Konsumsi gorengan juga bisa menyebabkan kantuk. Pasalnya, ini akan menyebabkan konsentrasi tubuh terpusat mengolah makanan tersebut sehingga suplai oksigen ke otak menurun dan menyebabkan kantuk.

Gorengan
Gorengan (istimewa)

"Mengonsumsi gula atau minuman manis sewaktu sahur juga akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, tapi hanya untuk sementara saja. Jadi, untuk minuman sebaiknya konsumsi air putih," saran Wahyu.

Untuk menu berbuka puasa, boleh-boleh saja menyajikan menu manis seperti kolak atau teh manis.

"Tapi sewajarnya saja, misal segelas teh manis atau segelas kolak," saran Wahyu. Konsumsi makanan atau minuman manis yang berlebih hanya akan membuat tubuh menjadi lemas lagi dan gampang haus, selain membuat asupan kalori yang masuk juga tinggi. (TabloidNova/ Prianggoro)

Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Tabloid Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help