TribunKaltim/

Mudik Lebaran

Hindari Tiket Mahal, Pegawai Swasta Ini Mudik Lebih Awal

Berbagai cara dilakukan demi bertemu sanak famili di kampung di tengah melonjaknya harga tiket dan lesunya perekonomian saat ini.

Hindari Tiket Mahal, Pegawai Swasta Ini Mudik Lebih Awal
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Kesibukan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -  Tradisi mudik sudah menjadi rutinitas tahunan masyarakat urban. Pesawat terbang menjadi satu di antara angkutan paling diminati pemudik.

Berbagai cara dilakukan demi bertemu sanak famili di kampung di tengah melonjaknya harga tiket dan lesunya perekonomian saat ini.

Andi Kurniawan misalnya.  Pegawai perusahaan swasta yang bergerak bidang produksi makanan itu rela menyisihkan tabungan Rp 300.000/bulan untuk persiapan mudik ke kampung halaman di Berau.

Ditemui Tribunkaltim.co di Bandara SAMS Sepinggan, Kamis (1/6/2017) usai melakukan check in di terminal keberangkatan, Andi mengutarakan, dirinya sengaja memilih mudik lebih awal dengan tujuan mendapatkan tiket lebih murah.

Sebelumnya dia mengambil cuti panjang di kantornya.

Baca: Kebiasaan Pemudik Saat Pesan Tiket Pesawat

"Sejauh ini nggak ada kendala. Memilih mudik sekarang biar nggak mahal tiketnya," kata Andi. Karena mudik jauh hari sebelum Lebaran, dirinya tidak sulit mendapatkan tiket, karena bisa beli melalui aplikasi penjual tiket pesawat di media online. Harga tiket tujuan Berau hanya Rp 450.000.

Sementara, calon penumpang lain, Hendra juga memilih berangkat mudik lebih awal. Pria asal Makassar, Sulawesi Selatan yang bekerja di perusahaan pelayaran, di Penajam Paser Utara membeli tiket lewat jasa tiket online.

Menurutnya era transportasi saat ini jauh berkembang dibandingkan 10-15 tahun lalu, dimana calon pemudik masih berebut kursi angkutan menjelang mudik.

"Kalau dulu pesawat identik dengan tumpangan orang kaya, makanya orang banyak naik kapal. Sekarang, sudah beda, selisih harga sedikit, orang memilih mudik naik pesawat," kata Hendra.

Halaman
123
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help