TribunKaltim/

Kebugaran

Punya Bodi Atletis tak Cuma Dikerubungi Cewek-cewek tapi Olahraga juga Oke untuk Otak Anda!

Jujurlah bahwa salah satu alasan Anda berolahraga adalah agar mendapatkan tubuh keren sehingga kesempatan untuk dikerubungi cewek-cewek lebih besar.

Punya Bodi Atletis tak Cuma Dikerubungi Cewek-cewek tapi Olahraga juga Oke untuk Otak Anda!
Ibrakovic
Ilustrasi olahraga 

TRIBUNKALTIM.CO -- Jujurlah bahwa salah satu alasan Anda berolahraga adalah agar mendapatkan tubuh keren sehingga kesempatan untuk dikerubungi cewek-cewek lebih besar.

Padahal manfaat olahraga tidak sebatas memperoleh tubuh yang atletis. Lebih dari itu, tubuh yang bugar dan sehat ternyata memberi manfaat besar pada otak kita.

Ketika otot kita tumbuh lebih besar dan kuat, serta kapasitas kardio kita meningkat, otak kita juga mengalami perubahan. Inilah yang terjadi pada otak seiring dengan pertumbuhan otot karena olahraga:

Baca: Jangan Takut Batal Puasa, Ini Waktu Terbaik Berolahraga Saat Ramadhan

Olahraga membantu kita mengendalikan stres

Saat kita melakukan kardio seperti lari, berenang, atau bersepeda, tubuh memproduksi protein khusus dalam otak yang disebut brain-derived neurotrophic factor, atau BDNF.

Protein ini mendukung fungsi neuron dalam otak dan bisa menahan stres, menurut Loretta Graziano Breuning, Ph.D., penulis Habits of a Happy Brain.

Dengan pertahanan yang lebih baik terhadap stres, otak kita akan bekerja lebih efektif saat melakukan tugas-tugas kognitif seperti belajar dan mengatur suasana hati, serta dalam memperbaiki sistem kekebalan, pengaturan detak jantung, serta pernafasan.

Semakin awal Anda aktif secara fisik, maka otak akan semakin mampu menghadapi tekanan dan stres di kemudian hari,” ujar Matthew Capolongo, pelatih atletik di New York.

Olahraga membuat otak mampu memecahkan masalah lebih baik

Halaman
123
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help