TribunKaltim/

Jaringan Kelompok ISIS

Tiga Panglima Bertemu di Tarakan Bahas Patroli Bersama di Perbatasan

Kedatangan mereka selain membahas soal isu ISIS juga meresmikan Maritime Command Center (MCC) tiga negara.

Tiga Panglima Bertemu di Tarakan Bahas Patroli Bersama di Perbatasan
(TED ALJIBE / AFP )
Ilustrasi - Pasukan marinir Filipina berpatroli di jalan-jalan yang sunyi akibat ditinggalkan penduduk di kota Marawi yang diserbu kelompok militan Maute. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Rencana tiga Panglima dan tiga Menteri Pertahanan (Menhan) dari tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan Filipina kumpul di Kota Tarakan, Kaltara Senin (19/6/2017) dibenarkan Danlatamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni.

Kedatangan mereka selain membahas soal isu ISIS juga meresmikan Maritime Command Center (MCC) tiga negara.

MCC ini semacam pos wilayah keamanan untuk memantau kapal-kapal yang beroperasi dan berpatroli di perairan laut.

Ferial mengungkapkan, MCC berada di tiga negara, Indonesia (Tarakan), Malaysia (Tawau) dan Filipina (Bungau). Dengan adanya MCC berarti tiga negara ini bisa saling berkoordinasi dan memantau di wilayah perairan perbatasan.

"Jadi apabila terjadi sesuatu tiga negara ini bisa saling berkordinasi dan tindakan apa yang harus dilakukan. Bisa saja nanti patrolinya dilakukan secara koordinasi berada di wilayah masing-masing, atau bersama-sama tiga negara," ujarnya.

Menurut Ferial, rencananya meluncurkan ditandai penandatanganan prasasti di Makolantamal XIII Tarakan.

Setelah itu dilanjutkan dengan pertemuan di atas kapal KRI untuk membahas permasalahan bilateral tiga negara.

"Setelah launching MCC di Makolantamal XIII Tarakan. Rombongan akan menuju Pelabuhan Malundung dengan naik kapal RI. Di acara ini pula juga rencananya ada kapal perang dari Malaysia dan Filipina tiba di Tarakan sebelum acara dimulai," ucapnya.

Ferial menambahkan, rencananya Panglima TNI Gatot Nurmantyo bersama Menhan Ryamizard Ryacudu akan tiba di Kota Tarakan, Minggu (18/6/2017).

Tiba di Tarakan sore harinya Panglima TNI dijadwalkan melakukan buka puasa bersama dengan prajurit TNI-Polri, pejabat daerah dan provinsi di Kaltara, serta masyarakat Tarakan di Masjid Raya Baitul Izzah.

Halaman
12
Penulis: Junisah
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help