TribunKaltim/

Mudik Lebaran

Mudik Pakai Mobil, Jangan Buka Kaca Jendela Ya, Berikut Alasannya

Pemudik diharuskan menyiapkan fisik dan kendaraannya agar mendapat pengalaman mudik yang menyenangkan.

Mudik Pakai Mobil, Jangan Buka Kaca Jendela Ya, Berikut Alasannya
wikipedia
Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala. 

TRIBUNKALTIM.CO -- Kondisi jalur mudik tahun ini akan banyak melewati area yang berpotensi menimbulkan kemacetan.

Pemudik diharuskan menyiapkan fisik dan kendaraannya agar mendapat pengalaman mudik yang menyenangkan.

Salah satunya dari kondisi pendingin kabin atau Air Conditioner (AC) kendaraan. Saat cuaca panas di luar menyerang jalur mudik, AC jadi kebutuhan primer dalam perjalanan.

Namun ada baiknya pemilik mobil memperhatikan kondisi perangkat ini selama perjalanan. Ada satu hal yang tabu dilakukan pemilik mobil agar kondisi AC tetap bekerja maksimal.

“Paling penting jangan membuka kaca ketika AC sedang menyala. Biasanya tidak sadar ini dapat membuat kerja AC berkurang dan akhirnya tidak dingin,” ucap Jeffry Tjoeng dari Bengkel Je spesialis AC di MGK Kemayoran saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Kebiasaan buruk ini sering dilakukan saat pemilik mobil bosan dan ingin menghilangkan rasa kantuk. Padahal debu dan kotoran dari luar dapat masuk yang membuat filter kabin cepat kotor sehingga udara dingin AC jadi terhalang.

Performa AC juga semakin menurun saat pemilik malas membersihkan kabin mobil. Kotoran yang tertinggal dalam kabin, sekecil apapun dapat terhisap ke saluran AC dan membuat filter kabin cepat kotor.

Jika kabin kotor maka kondisi yang biasa terjadi adalah AC tidak mengeluarkan udara dingin atau hanya berupa hembusan angin. Ini tentu mengganggu kenyamanan dalam perjalanan panjang mudik nantinya.

“Kebiasaan makan minum dalam kendaraan, terutama buat yang punya anak kecil, harus rajin membersihkan kabin. Lebih parah lagi untuk yang gemar merokok, baiknya jangan lakukan di dalam mobil karena memperpendek umur filter kabin kendaraan,” ucap Jeffry. (Kompas.com/Setyo Adi Nugroho)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help