TribunKaltim/

Lebaran Idul Fitri 2017

Sudah 17.000 Orang Pemudik Berangkat dari Bandara SAMS. Hari H Diprediksi Masih Ramai

Semakin mendekati hari H Lebaran, intensitas penerbangan mulai marak, banyak orang yang mudik meninggalkan Kaltim. Ruang chek in dipadati pemudik

Sudah 17.000 Orang Pemudik Berangkat dari Bandara SAMS. Hari H Diprediksi Masih Ramai
Ribuan orang memadati ruang check in Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur,Jumat (23/6/2017). Sebagian besar adalah para pemudik yang selama ini kerja atau merantau di Kaltim. 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Budi Susilo dan Nalendro Priambodo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sudah menjadi tradisi, setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat, khususnya umat Islam mudik atau pulang ke kampung halaman. Ini pula yang terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim). Suasana arus mudik begitu terasa di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SMAS) Sepinggan, Pelabuhan Semayang maupun beberapa terminal bus.

Jumlah penumpang yang menggunakan pesawat terbang di Bandara SAMS meningkat dibanding hari-hari biasanya. Data Humas PT Angkasa Pura (Persero) Bandara SAMS Balikpapan, hingga Kamis (22/6) kemarin, pemudik melalui Bandara SAMS telah mencapai angka 17 ribu orang.

Semakin mendekati hari H Lebaran, intensitas penerbangan mulai marak, banyak orang yang mudik meninggalkan Kaltim. Pantuan Tribun, Jumat pagi hingga sore, ratusan penumpang antre di ruang check in maskapai penerbangan.

Satu di antara penumpang yang akan mudik, Ahmad Suhedi, warga Karang Anyar, Balikpapan Barat. Dia berencana mudik ke Bandung, Jawa Barat. Suhedi terbang menggunakan pesawat terbang kelas ekonomi tujuan Jakarta terlebih dahulu.

Dia sudah sejak lama, sekitar tiga minggu yang lalu memesan tiket penerbangan. Beruntung, strategi Suhedi memang jitu. Berburu tiket hemat bisa didapatnya. Suhedi tidak perlu merogoh kocek dalam saat mau membeli tiket pesawat.

"Saya sudah pesan lama tiketnya. Sebulan yang lalu. Saya dapat harga sekitar Rp 600 ribuan ke Jakarta. Sekarang mungkin bisa sampai harga Rp 900 ribuan," ungkap karyawan perusahaan migas ini.

Menurut dia, pulang kampung kesempatan untuk berjumpa dengan keluarga setelah lama meninggalkan demi pekerjaan di tanah rantau. Sesekali dalam setahun menyempatkan waktu bersilaturahmi dengan sanak famili di kampung halaman memberikan rasa kebahagiaan.

"Sudah niat mau mudik. Pesan tiketnya jauh-jauh hari. Di daerah rantau tidak ada saudara. Kalau mudik enak bisa kumpul sama saudara dan orangtua," kata pria berkulit sawo matang ini.

Di tempat terpisah, Rio Hendarto, Humas PT Angkasa Pura Persero I Bandara SAMS menjelaskan, sampai hari Lebaran nanti diprediksi penumpang masih akan terus bertambah. "Ada orang yang habis shalat Idul Fitri baru terbang ke kampung halaman," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help