TribunKaltim/

Idul Fitri

Anda Berkepribadian Introvert? Ini Jurus Nyaman Saat Silaturahim

Orang yang introvert acap kali sungkan menghadiri acara dengan banyak orang, misalnya silaturahim keluarga saat Lebaran. Simak jurusnya berikut ini.

Anda Berkepribadian Introvert? Ini Jurus Nyaman Saat Silaturahim
Ilustrasi

TRIBUNKALTIM.CO – Seorang berkepribadian tertutup atau introvert acap kali sungkan menghadiri acara dengan banyak orang, misalnya silaturahim keluarga saat Lebaran. Sesungguhnya ada kiat yang dapat dilakukan introvert agar merasa nyaman berada dalam situasi ramai.

Sebagaimana dikutip laman Life Hacker, berikut sejumlah tips agar introvert tetap eksis saat menghadiri silaturahim keluarga.

1.  Buat tujuan yang jelas

Sebelum berangkat, ada baiknya seorang introvert menetapkan tujuan dari acara yang akan dihadiri tersebut. Itu akan membuat introvert merasa lebih nyaman saat bersosialisasi dalam acara silaturahim.

Tanamkan dalam pikiran bahwa kehadiran Anda adalah memang untuk bertemu anggota keluarga. Dengan begitu, pikiran Anda dapat tetap fokus dan menghindari banjirnya stimulus eksternal saat silaturahim berlangsung.

2.  Penuhkan energi

Untuk kenyamanan saat silaturahim, pastikan Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri sebelum keberangkatan. Cobalah untuk membaca buku, menonton televisi, atau lakukan apa pun yang membuat Anda rileks.

Saat merasa telah cukup energi, barulah Anda datang ke acara silaturahim tersebut. Demikain pula, setelah menghadiri silaturahim itu, pastikan Anda memiliki waktu untuk memulihkan kembali energi Anda.

3.  Cari tempat berlindung

Ya, sebagai seorang introvert, tak mudah memang untuk berlama-lama dengan kerumunan orang.

Halaman
12
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help