TribunKaltim/

Kesehatan

Ingin Daya Tahan Tubuh tetap Fit? Yuk, Konsumsi Makanan Ini

Biasanya dipakai untuk anti-peradangan, anti-pembekuan darah, dan juga anti-kanker. Ini juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ingin Daya Tahan Tubuh tetap Fit? Yuk, Konsumsi Makanan Ini
(Thinkstockphotos)
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO- Nanas adalah buah tropis yang populer di seluruh dunia. Di Indonesia, buah ini lebih sering dijadikan campuran rujak, dijadikan dodol, dan juga bahan utama pembuatan kue lebaran yang khas, yaitu nastar.

Nanas memiliki kandungan bromelain. Enzim yang penting untuk mencerna protien ini juga memiliki khasiat sebagai "obat pencernaan".

Secara luas bromelain juga dipakai untuk anti-peradangan, anti-pembekuan darah, dan juga bisa sebagai anti-kanker. Zat ini juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, nanas adalah sumber vitamin C yang kaya. Kandungan mineral di dalamnya antara lain mangan yang bersama dengan vitamin C diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Mangan juga merupakan mineral yang penting untuk produksi beberapa enzim yang dibutuhkan untuk produksi energi tubuh.

Karena buah nanas yang sudah matang sangat manis, disarankan untuk mengonsumsi buah ini segar dibanding dengan dijadikan jus. Ini karena kandungan serat larut dalam air pada buah nanas bisa memperlambat naiknya gula darah saat dikonsumsi.

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help