TribunKaltim/

Berita Video

VIDEO – Nikmati Destinasi Air Terjun Jantur Dora di Kutai Barat Libur Lebaran

Kubar menyajikan destinasi baru air terjun yang disebut Jantur Dora. Jantur Dora sejauh ini masih asing di telinga wisatawan namun sudah mulai tenar

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Cornel Dimas

TRIBUNKALTIM.CO, SAMAINDA - Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur dikenal dengan keelokan wisata air terjunnya.

Mulai dari Jantur Inar hingga Jantur Mapan sudah akrab di telinga wisatawan yang mengunjungi kabupaten bersemboyan Tanaa Purai Ngeriman (Tanah Subur Makmur Melimpah Ruah.red) ini.

Kali ini Kubar menyajikan destinasi baru air terjun yang disebut Jantur Dora. Jantur Dora sejauh ini masih asing di telinga wisatawan namun sudah mulai tenar di postingan media-media sosial.

Libur lebaran kali ini, Jantur Dora tak luput dari serbuan para pengunjung. Sudah ada sekitar ratusan pengunjung datang dan pergi sejak lebaran hari pertama.

Jantur Dora belum dikelola pemerintah Kabupaten. Sejauh ini hanya penduduk setempat yang sibuk mengurusi dan memantau situasi Jantur Dora selama kedatangan pengunjung.

Menuju lokasi Air Terjun Jantur Dora, harus melewati rintangan Sungai Kecil yang letaknya di Kampung Awai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.
Menuju lokasi Air Terjun Jantur Dora, harus melewati rintangan Sungai Kecil yang letaknya di Kampung Awai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. (tribunkaltim.co/cornel dimas satrio kusbiananto)

Meski demikian, penduduk setempat enggan menarik retribusi lantaran mereka senang dengan kedatangan pengunjung ke kampung yang letaknya di balik hutan karet itu.

Baca: VIDEO - Ratusan Orang Penting Hadiri Open House Gubernur Kaltim

Salah satu pengunjung, Yosia mengatakan Jantur Dora sebenarnya layak dijadikan tempat wisata. Yosia yang mengunjungi Jantur Dora beserta kerabatnya itu mengaku takjub dengan keindahan alam air terjun tersebut.

Pasalnya tempatnya sejuk, asri, dan jauh dari hingar bingar kota. Apalagi sekarang sudah ada pondok yang memungkinkan pengunjung beristirahat sembari menikmati eloknya pemandangan dan riuhan air terjun.

"Sebenarnya tempat ini bagus untuk wisata. Sangat bagus sekali. Sekarang sudah ada pondok untuk bernaung jadi tidak repot lagi," ucapnya, Selasa (27/6/2017) pukul 17.00 Wita.

Namun ia mengaku perlu ada perhatian pemerintah untuk memudahkan akses jalan masuk. Pasalnya letaknya sangat sulit dijangkau, tidak ada penunjuk arah dan jalannya terjal berliku.

Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help