TribunKaltim/

Parenting

Balita Anda Sangat Aktif dan Tak Mau Diam? Jangan Marah Bunda, Ini Cara Menenangkannya

Seorang ibu mengeluhkan anaknya yang berusia 4 tahun, Fia, yang sangat aktif dan tidak bisa duduk tenang sebentar.

Balita Anda Sangat Aktif dan Tak Mau Diam? Jangan Marah Bunda, Ini Cara Menenangkannya
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Meski setiap anak pada dasarnya sangat suka bergerak, tapi mereka juga butuh untuk duduk tenang, misalnya di sekolah, saat makan, atau di rumah ibadah.

Ketika mereka tak bisa anteng, banyak orangtua berpikir mereka sulit diatur atau mungkin ada gangguan tumbuh kembang.

Seorang ibu mengeluhkan anaknya yang berusia 4 tahun, Fia, yang sangat aktif dan tidak bisa duduk tenang sebentar.

"Di sekolahnya ada waktu circle time, anak-anak duduk melingkar dan gurunya melakukan tanya jawab atau membacakan cerita beberapa menit. Anak-anak lain bisa duduk tenang, tapi tidak dengan Fia, ia pasti berkeliaran," keluh sang ibu.

Kemampuan anak untuk fokus dalam periode yang sedikit lama memang dimulai di usia 3-4 tahun. Tetapi, kemampuan ini bervariasi pada tiap anak.

"Sebenarnya kemampuannya untuk fokus sangat bervariasi, mulai dari 15 detik sampai 15 menit masih tergolong normal," kata Wendy Sue Swanson, dokter anak dari Washington AS.

Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat anak bisa tenang lebih lama lagi.

- Mainan kecil
Ketika anak selalu berdiri dan berkeliaran saat ia seharusnya duduk, kemungkinan besar ia merasa bosan. Balita mungkin bisa duduk beberapa menit saat di sekolah jika cerita atau lagu yang diajarkan gurunya menarik.

Jika si kecil selalu kesulitan duduk tenang, cobalah bicarakan dengan gurunya untuk membantunya bisa duduk diam, misalnya saja memberi mainan kecil untuk dimainkan dengan tangan, misalnya bola kenyal untuk diremas atau fidget spinner.

Ketika anak butuh duduk diam tapi tak perlu melakukan fokus, misalnya saat di restoran, bawalah sesuatu yang membuatnya sibuk, seperti buku mewarnai atau beberapa mainan balok kecil.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help