TribunKaltim/

Penerimaan Peserta Didik Baru

Hari Pertama Pendaftaran Siswa MTsN, Saking Grogi, Lupa Bacaan Shalat

Ujian yang diberikan ke calon siswa tidak berat. "Kebanyakan ada yang tidak bisa membedakan panjang dan pendek bunyi ayat," katanya.

Hari Pertama Pendaftaran Siswa MTsN, Saking Grogi, Lupa Bacaan Shalat
tribunkaltim.co/budi susilo
Calon siswa MTs Negeri 1 Balikpapan mengikuti ujian praktik salat sebagai syarat pendaftaran siswa baru melalui jalur Bina Lingkungan pada Senin (3/7). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Menjelang siang, aktivitas keramaian terasa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Balikapan yang berada di bilangan Jalan Ahmad Yani saat berlangsung pendaftaran siswa baru melalui jalur bina lingkungan, Senin (3/7/3017).

Sekolah yang berada dalam naungan Kementerian Agama RI ini merekrut siswa baru dengan syarat mesti mengikuti tes masuk yang tidak dilakukan sekolah negeri berbasis madrasah.

Setiap calon siswa yang mencoba mendaftar sebagai siswa baru mesti melewati ujian terlebih dahulu yakni uji coba shalat dan membaca Al Quran.

Di antara mereka terlihat ada yang gugup kesulitan mengatasi ujian itu.

Satu di antaranya, seorang remaja perempuan yang lulusan Madrasah Ibtidaiyah swasta di Balikpapan merasa kesulitan ketika ditantang untuk lakukan ujian praktik shalat lima waktu.

Remaja itu merasa canggung, sulit untuk melontarkan bacaan dalam shalat. Ada beberapa bacaan di bagian dalam gerakan shalat tidak hapal.

Baca: Aktivis LSM Galang Orangtua Demo Memprotes Zonasi PPDB

Baca: Antre sejak Pagi Buta, Orangtua Masih Bingung Sistem Zonasi Penerimaam Siswa Baru

Saking buntunya dalam lakukan ujian praktik, matanya berkaca-kaca, menangis sedih.

"Jangan menangis. Santai saja. Coba ingat-ingat lagi. Pelan-pelan bacanya. Siapa tahu bisa hapal," ujar seorang guru penguji.

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help