TribunKaltim/
Home »

Opini

Opini

Pilih Belanja Online atau Offline

Tapi tidak sedikit orang yang tidak percaya dengan toko online, mereka takut tertipu toko online abal-abal dan beranggapan membeli barang

Pilih Belanja Online atau Offline
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

Suadiyah Khasanah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
suadiyahk@gmail.com

Di era sekarang ini, belanja online sedang digemari warga Indonesia terutama anak muda yang aktif di media sosialnya. Tak heran kalau banyak situs-situs online yang berkembang pesat.
Mereka lebih menyukai menatap layar gadget membuka toko online langganan dan memilih barang yang mereka inginkan, di banding harus mengelilingi mall untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan.
Tapi tidak sedikit orang yang tidak percaya dengan toko online, mereka takut tertipu toko online abal-abal dan beranggapan membeli barang di toko online, banyak dari mereka yang jera karena barang yang dipesan tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
Disini saya akan membahas terlebih dulu kelebihan dan kekurangan toko online dan toko offline.
Kelebihan toko online:
1.Harga lebih berani
Sebagian besar toko online menawarkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko offline. Alasannya, saat ini sudah banyak orang yang mengetahui bahwa barang-barang yang dijual di internet cenderung lebih murah karena tidak dikenakan pajak bangunan seperti toko offline. Alasan lain, yaitu sudah banyak bermunculan toko online dengan variasi harga terbaik. Akhirnya, para pebisnis online pun mengurangi margin keuntungan demi mendapatkan banyak pelanggan.
2.Waktu fleksibel
Toko online memungkinkan Anda untuk berbelanja barang tanpa harus banyak menyita waktu. Belanja bisa dilakukan di waktu senggang ataupun di sela-sela jam sibuk. Saat ini transaksi di toko online semakin mudah dengan pembayaran menggunakan kartu kredit.
3.Barang Lebih Bervariasi
Sebagian besar toko offline hanya memiliki produk terbatas. Seperti contoh, mungkin ada beberapa produk yang hanya tersedia di toko offline tertentu. Toko online memungkinkan Anda untuk menemukan banyak produk yang tidak ditemukan di toko offline.
4.Tidak Terbatas
Toko online memberikan hak khusus untuk calon pembelinya, yaitu dengan cara memberikan waktu belanja kapanpun. Toko online tidak pernah tutup dalam waktu 7x24 jam. Namun, biasanya pengiriman barang dilakukan sesuai dengan jam kerja, dan peraturan setiap toko online.
Kekurangan toko online:
1.Jeda Waktu Pembayaran dan Pengiriman Barang
Dalam melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman barang, terdapat jeda waktu yang cukup lama. Belum lagi jika terdapat kendala pada bagian jasa pengiriman karena overload. Kalau sudah begitu, perlu bersabar beberapa hari hingga order Anda tiba. Biasanya, toko online melakukan aturan kepada pembelinya dengan membayar terlebih dahulu baru barang akan dikirim ke alamat. Namun, ada juga yang menerapkan sistem Cash On Delivery (COD).
2.Biaya Pengiriman
Toko online menetapkan biaya pengiriman yang akan menambah total pengeluaran. Semakin jauh alamat yang dituju, maka semakin mahal pula biaya pengiriman. Selain itu, jika produk dikirim dari negara lain, biasanya Anda juga akan bertanggung jawab untuk membayar pajak tambahan.
3.Kemungkinan Kerusakan Barang
Kerusakan barang saat pengiriman mungkin saja terjadi. Jika barang tersebut mengalami kerusakan, maka dapat memakan waktu beberapa hari untuk melakukan penggantian dengan cara mengirim kembali.
4.Rawan Pembohongan
Waspadalah, jangan sampai Anda menjadi target pembohongan belanja online. Dalam belanja online, resiko yang bisa terjadi adalah kasus pembohongan. Hal ini terjadi jika situs yang Anda kunjungi kurang tepercaya. Untuk menghindarinya, maka pilihlah situs online yang aman dan memang sudah tepercaya. Selain itu, Anda harus mengetahui kredibilitas sang penjual dan juga testimoni dari pembeli lain. Jika terdapat banyak testimoni yang positif, maka Anda bisa melanjutkan belanja.
5.Barang Tidak Sesuai
Barang yang dipajang toko online terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli. Misalnya saja ukuran baju atau sepatu yang ternyata tidak sesuai dengan ukuran yang biasa Anda gunakan. Namun, ada beberapa toko online yang memberikan layanan penukaran barang.
Kelebihan toko offline:
1.Cek Barang Secara Langsung
Ini adalah kelebihan pertama dari toko offline. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda bisa langsung mengecek barang dan menimbang-nimbangnya terlebih dahulu. Apakah ada cacat atau harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitasnya. Cara ini hanya bisa Anda temui saat belanja di toko offline.
2.Tidak Tertipu
Berbanding terbalik dengan toko online, berbelanja di toko offline menghindarkan Anda dari pembohongan terhadap kualitas barang. Dengan melihat secara langsung, maka Anda bisa menilai sendiri kualitas barang tersebut.
3.Tidak Ada Kesalahan Memesan
Bagi tipe orang yang sering bertindak ceroboh atau sedikit gaptek (gagap tekonologi), ada baiknya untuk membeli langsung di toko offline. Pasalnya, Anda tidak mungkin melakukan kesalahan dalam pemesanan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari mengeluarkan uang terlalu banyak.
4.Bisa Minta Saran
Jika bingung dalam memilih atau menentukan barang, Anda bisa meminta saran kepada staf toko. Mereka pastinya dengan senang hati membantu para calon pembeli.
Kekurangan toko offline:
1.Memakan Waktu
Belanja offline mengharuskan Anda datang langsung ke toko. Hal ini tentu bisa dilakukan jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk berjalan-jalan dan membeli barang.
2.Lokasi Terbatas
Toko offline cenderung berlokasi di satu tempat dan mengharuskan orang untuk datang langsung.
3.Jangkauan Pasar Terbatas
Dikarenakan lokasinya berada di satu tempat, maka pembeli yang datang kemungkinan hanya di sekitar wilayah toko offline tersebut.
4.Waktu Belanja Terbatas
Toko offline hanya bisa buka dengan waktu-waktu yang terbatas, bergantung pada kebijakan dari toko tersebut. Namun, tampaknya tidak ada yang sampai 7x24 jam.
Dengan peningkatan penggunaan internet, semakin banyak orang tertarik melakukan belnja online. Ini berarti pembelian produk telah memperoleh popularitas besar dimasa sekarang ini. Sebelumnya, internet hanya dapat diakses oleh orang dari negara maju, tapi revolusi terakhir telah dibuat dan dapat di akses oleh hampir seluruh bagian dunia. Sekarang orang berbondong-bondong untuk berbelanja secara cepat di internet. Banyak orang saat ini lebih memilih untuk berbelanja online karena sangat nyaman dan mudah. Setiap konsumen yang telah berpengalaman akan memiliki pandangan sendiri tentang hal itu. Konsep belanja barang melalui layanan online telah sangat diakui dan diterima, karena menyediakan beberapa manfaat kepada pelanggan. Namun, setiap aspek yang baik memiliki juga sisi buruk dan ini berlaku untuk belanja online.
Banyak sebagian orang atau anak muda yang memilih belanja offline, karena lebih bisa di tawar, lebih tau dengan ukuran badan, dan tidak mudah tertipu. Kalau pendapat saya tersendiri adalah lebih memilih belanja online, karena banyak pilihan barang yang ada di berbagai aplikasi handphone, meskipun tidak tau atau tidak bisa mengecek barang secara langsung, tetapi dalam aplikasi ada pilihan untuk ukuran yang kita inginkan, ukuran tersebut sudah masuk dalam caption setiap foto produk, jadi tidak usah lagi dikhawatirkan soal tidak cocok nya ukuran barang. Banyak orang bilang jika belanja online tidak bisa di tawar, tapi sudah banyak aplikasi yang mempunyai menu nego/tawar di dalam website/caption foto mereka, itu tidak membuat si pembeli rugi jika ingin membeli banyak. Dan terakhir soal takutnya terkena tipu ketika belanja online, menurut saya mudah sekali mencari toko online yang benar-benar terpercaya. Misalnya, dengan cara melihat testimoni oleh orang-orang yang telah membeli di aplikasi tersebut, jika memang toko online tersebut abal-abal maka jarang sekali ada yang memberi testimoni kepada penjual tersebut. Yang kedua, lihat lokasi si penjual berada di kota mana, cek alamat tersebut di Google Maps atau tanya orang yang berada di kota yang sama untuk menanyakan keberadaan alamat tersebut. Yang ketiga adalah, lihat tata cara si penjual menawarkan barang, jika produk terlalu murah dan terlihat memaksa menjual barangnya itu bisa di anggap seperti ingin menipu.
Belanja online merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud 'pasar' secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor komputer/handphone, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman. Intinya belanja online vs offline sebenarnya bukan untuk dibanding-bandingkan. Semua punya kelebihan dan kekurangan. Tergantung kebutuhan dan kondisi masing-masing pribadi saja. (*)

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help