TribunKaltim/

Membeli Pengalaman Dijamin Bikin Hidup Lebih Bahagia. . .

Memang tidak salah, uang bisa membuat Anda lebih gembira. Tapi sebatas itu saja.

Membeli Pengalaman Dijamin Bikin Hidup Lebih Bahagia. . .
molchanovdmitry
Bergembira di pantai 

TRIBUNKALTIM.CO -- Anda pasti sudah sering mendengar petuah yang mengatakan bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan.

Kini, menurut para peneliti, kalimat itu benar setelah mereka mendapati bahwa pengalaman lebih membuat seseorang bahagia daripada memiliki barang-barang.

Memang tidak salah, uang bisa membuat Anda lebih gembira. Tapi sebatas itu saja. Bila kebutuhan pokok Anda sudah terpenuhi, maka memiliki lebih banyak uang tidak akan meningkatkan kebahagiaan secara signifikan.

Oleh karenanya yang harus dilakukan agar lebih bahagia bukan mencari lebih banyak uang, namun bagaimana menggunakannya untuk mendapatkan kebahagiaan lebih.

Cara yang keliru

Banyak orang mengira menginvestasikan uang dalam bentuk barang adalah cara yang tepat. Alasannya, barang akan lebih awet daripada sebuah pengalaman yang berlangsung sebentar saja.

Dengan memiliki barang, orang mengira kebahagiaannya juga akan lebih awet.

Meski demikian, para psikolog dan sosiolog justru menemukan hubungan antara materialisme atau kesukaan memiliki barang-barang, dengan narsisme alias kecenderungan untuk pamer, kegelisahan sosial, dan ketidakbahagiaan hidup.

Bila Anda membeli sebuah barang baru, itu akan membuat Anda gembira. Kita semua merasakan hal itu. Namun dengan berjalannya waktu, kesenangan itu memudar, dan Anda akan segera ingin berbelanja lagi untuk menghadirkan kegembiraan baru.

“Kita membeli barang untuk membuat kita senang, dan kita mendapatkannya. Namun hanya untuk sementara. Barang baru memang menyenangkan pada awalnya, namun setelah kita terbiasa, ia tidak akan terlalu menarik lagi,” ujar Dr. Thomas Gilovich, psikolog dari Cornell University yang meneliti hubungan antara uang dengan kebahagiaan selama dua dekade.

Halaman
123
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help