TribunKaltim/

Relationship

Merasa tak Bahagia, Berapa Usia Anda Sekarang?

Awal tahun ini, laporan 2017 World Happiness Report menyebutkan Norwegia sebagai negara yang penduduknya paling bahagia.

Merasa tak Bahagia, Berapa Usia Anda Sekarang?
Marjan_Apostolovic
Ilustrasi tidak bahagia 

TRIBUNKALTIM.CO -- Awal tahun ini, laporan 2017 World Happiness Report menyebutkan Norwegia sebagai negara yang penduduknya paling bahagia.

Kini survei yang dilakukan di 160 negara telah menemukan pada usia berapa orang paling kurang bahagia dalam hidupnya.

Survei ini mencari hubungan antara kondisi kebahagiaan, kesehatan, dan usia di dunia.

Hasilnya ditemukan bahwa di negara-negara maju berbahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia, penurunan kebahagiaan hidup penduduknya terjadi pada usia antara 45 dan 54 tahun.

Tingkat kebahagiaan itu naik lagi setelah usia 54 tahun.

Mengapa banyak orang merasa kurang bahagia di usia paruh baya? Profesor Angus Deaton, salah satu peneliti, menduga bahwa penurunan tersebut terjadi karena itu adalah usia di mana seseorang mengalami lebih banyak stres, kecemasan, dan kemarahan, baik karena pekerjaan ataupun kehidupan sosialnya.

“Penemuan ini sudah bisa diduga,” katanya.

“Ini adalah usia di mana biasanya gaji seseorang ada di puncak sekaligus memiliki tanggung jawab lebih besar. Dan ini juga usia untuk bekerja lebih keras dan mendapatkan hasil lebih banyak, walau harus dibayar dengan hilangnya waktu untuk diri sendiri.”

Baca: Membeli Pengalaman Dijamin Bikin Hidup Lebih Bahagia. . .

Selain urusan pekerjaan dan faktor ekonomi, faktor kesehatan juga berpengaruh. Di negara-negara yang memiliki sistem layanan kesehatan baik, bertambahnya usia seringkali tidak menjadi masalah.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help