TribunKaltim/

Pilgub Kaltim 2018

Rudiansyah: Pelaksanaan Pilkada Bukan Tergantung pada Kemampuan Keuangan Daerah

Kabarnya, kekurangan anggaran diupayakan meminta bantuan pihak ketiga atau pemerintah pusat.

Rudiansyah: Pelaksanaan Pilkada Bukan Tergantung pada Kemampuan Keuangan Daerah
TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER DESMAWANGGA
Komisioner KPU Kaltim, Rudiansyah 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Budhi Hartono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dengan anggaran yang dialokasikan oleh Pemprov Kaltim hanya Rp 250 miliar, KPU Provinsi Kaltim menegaskan, pelaksanaan penyelenggara Pilgub 2018, bukan tergantung kemampuan anggaran yang tersedia. Melainkan melaksanakan sesuai tahapan yang diatur dalam undang-undang

"Kesannya, pelaksanaan Pilgub ini disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah yang ada. Sementara dalam aturan undang-undang dan arahan KPU RI, penyelenggara melaksanakan tahapan pilkada dari awal sampai akhir. Bukan menyesuaikan anggaran yang ada," kritik Rudiansyah, Minggu (9/7/2017).

‎Sementara alokasi yang diberikan oleh Pemprov Kaltim Rp 250 miliar dengan rincian tahun 2017 diberikan Rp 20 miliar dulu, dan sisanya dialokasikan di APBD murni 2018.

Menurut dia, dalam beberapa kali rapat pembahasan anggaran Pilgub, kabarnya kekurangan anggaran diupayakan meminta bantuan pihak ketiga atau pemerintah pusat.

"Mana ada sejarahnya anggaran pilkada dibantu pihak ketiga? Waktu Komisi I DPRD Kaltim konsultasi ke KPU RI sudah dengar langsung dan jelas, tidak ada dana bantuan dari APBN. Masa mau minta bantu parpol atau perusahaan? Ya pilkadanya jadi tidak independen dong," sindirnya.

Persoalan anggaran Pilgub, bukan hanya KPU Kaltim saja yang belum ada kesepakatan dengan Pemprov Kaltim. Tetapi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga belum pernah dibahas soal kebutuhan anggarannya.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltim mengaku,‎ hingga kini belum pernah diundang rapat bersama Pemprov Kaltim, khusus membahas anggaran Bawaslu Kaltim jelang persiapan Pemilihan Gubernur Kaltim 2018 mendatang.

Pihak Bawaslu mengajukan anggaran sebesar Rp 90,6 miliar untuk anggaran pilgub selama sembilan bulan masa kerja sesuai jadwal tahapan.

Sementara Pemprov Kaltim sudah mengalokasikan anggaran Bawaslu Kaltim bakal digelontorkan Rp 40 miliar.‎ (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help