TribunKaltim/

Berita Video

VIDEO – Polda Kaltim Ungkap 86 Kasus Curanmor Dengan 70 Orang Tersangka Dalam Satu Bulan

Selain mengamankan pelaku pidana tunggal atau perorangan, pihaknya juga berhasil mengungkap sindikat curanmor berkelompok antar kota.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jajaran Reserse Kriminal Umum wilayah hukum Polda Kaltim berhasil mengungkap 86 kasus pencurian kendaraan bermotor hanya dalam kurun waktu sebulan. Dari pengungkapan itu sebanyak 70 orang tersangka dijebloskan ke dalam penjara.

Dibawah komando Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol Hilman SIK, jajaran reserse kriminal umum membuat tim khusus demi mengungkap kasus curanmor yang semakin meresahkan masyarakat belakangan ini.

"Dalam sehari bisa masuk 2 laporan kehilangan bulan lalu," beber Hilman, Minggu (9/7/2017) saat melakukan jumpa pers di Mapolda Kaltim.

Sebanyak 84 kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 yang disita dari sejumlah pengungkapan di Kaltim dan Kaltara.

"Ini kerja keras jajaran dalam sebulan terakhir. Karena curanmor masih menjadi tindak pidana yang paling meresahkan masyarakat," katanya.

Selain mengamankan pelaku pidana tunggal atau perorangan, pihaknya juga berhasil mengungkap sindikat curanmor berkelompok antar kota.

Tengok saja sindikat curanmor antar kota yang beranggotakan 7 orang berhasil diringkus tim Jatanras Polda Kaltim baru-baru ini. 

Dari pengakuan tersangka mereka telah beraksi di 30 TKP di wilayah hukum Polda Kaltim, di antaranya Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Bontang dan Kutai Timur.

Lebih lanjut, sebagian besar modus operandi tersangka beraksi tak lain dengan menggunakan kunci T. Dengan alat tersebut mereka dengan mudah menggondol motor korban.

"Dengan mudah mereka menggondol, cukup dengan kunci T dan sedikit paksaan, motor berhasil dicuri. Sebab itu kami mengimbau masyarakat untuk memasang kunci ganda saat memarkir kendaraan," katanya. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help