TribunKaltim/

Tokoh Pemuda Minta Diajar Bersatu dan Maju Bersama

Dia juga menyarankan Kepengurusan Dewan Adat Dayak Kalimantan Utara mengakomodir semua sub-suku Dayak, para tokoh Dayak tanpa melihat latar belakang

Tokoh Pemuda Minta Diajar Bersatu dan Maju Bersama
HO
Pembukaan Musyawarah I Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Utara di Kota Tarakan, Sabtu (8/7/2017) lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN - Lumbis, tokoh muda Kalimantan Utara yang berasal dari etnis Dayak Agabag wilayah Kabudaya Nunukan mengharapkan dan memohon dengan sungguh-sungguh agar para seniornya bisa mengajari cara bersatu dan maju bersama.

“Jangan ajari kami perbedaan, karena kami memahami para pemuda Dayak Kaltara kedepan akan melanjutkan estafet memikirkan keberlangsungan khazanah peradaban Dayak di Kaltara sehingga mampu bertahan dizaman moderinisasi dan tak digilas zaman,” ujar pria yang juga anggota mandataris Majelis Adat Dayak Nasional ini, Selasa (11/7/2017).

Lumbis berharap generasi pemuda Dayak saat ini tetap hidup tanpa blok dan sekat.

Karena itu, dia juga menyarankan Kepengurusan Dewan Adat Dayak Kalimantan Utara mengakomodir semua sub-suku Dayak, para tokoh Dayak tanpa melihat latar belakang politik dan agama.

Baca: Dewan Adat Dayak Kaltara Terbentuk, Marthin Billa Jabat Ketua Umum

Baca: Inilah Juhu Umbut Rotan, Kuliner Khas Suku Dayak di Kalteng yang tak Boleh Dilewatkan

Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur Eddy Gunawan mengatakan, pihaknya rela melepaskan berdirinya Dewan Adat Dayak Kalimantan Utara, agar Dayak di Kalimantan Utara bisa bersatu melepaskan kepentingan masing-masing.

“Ini sebagai wujud nyata terima kasih terhadap masyarakat Dayak yang ada di pesisir, pedalaman, perbatasan dan para leluhur yang telah menjaga Kalimantan Utara sehingga mewariskannya kepada kita saat ini,” ujarnya.
Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Utara Marthin Billa mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan Pemerintah Kota Tarakan maupun masyarakat adat Dayak dari setiap sub suku yang telah mempercayakannya menjabat sebagai ketua umum.

"Mari kita berdamai dengan hati kita. Kita lupakan apa yang terjadi dimasa lalu. Mari kita tatap masa depan untuk mempersiapkan masa depan generasi kita berikutnya,” ujarnya.

Dia berharap, peradaban Dayak di Kalimantan Utara terus diperkuat sebagaimana diharapkan para pemuda di Kalimantan Utara.

Halaman
12
Penulis: Niko Ruru
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help