TribunKaltim/

Google Doodle

Eiko Ishioka Menghiasi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

Pada gambar Doodle tersebut akan muncul tulisan memperingati hari ulang tahun Eiko Ishioka ke-79 tahun. Siapakah Eiko Ishioka itu?

Eiko Ishioka Menghiasi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?
Google
Tampilan Google Doodle memperingati hari ulang tahun Eiko Ishioka ke-79 tahun 

TRIBUNKALTIM.CO - Jika Anda mengakses laman awal Google hari ini, Rabu (12/7/2017) akan muncul tampilan gambar Doodle spesial.

Tampak pada tampilan awal Google terdapat 6 tayangan gambar slide yang berbeda dengan latar belakang berwarna hitam.

Di setiap gambar menampilkan beberapa objek mulai manekin, meteran pengukur baju, baju hasil rancangan, seorang wanita sedang membuat baju dan terakhir ada gambar masker wajah berwarna merah.

Sementara itu jika Anda mengarahkan krusor pada gambar Doodle tersebut akan muncul tulisan memperingati hari ulang tahun Eiko Ishioka ke-79 tahun.

Siapakah Eiko Ishioka itu?

Google Doodle
Google Doodle (Google Doodle)

Mengutip dari Google Doodle, Eiko Ishioka merupakan seorang wanita kelahiran Tokyo, yang berprofesi sebagai penata seni, busana dan perancang grafis yang dikenal dengan karyanya dipakai di panggung, perfilman dan media.

Hasil rancangan Eiko telah memenangkan beberapa penghargaan Oscar, Grammy dan masuk dalam dua nominasi Tony.

Sebagai perancang busana Eiko telah merancang pakaian mulai dari iklan untuk media cetak dan sampul album, hingga kostum untuk di film, teater hingga merancang seragam dan pakaian untuk acara-acara perhelatan ternama seperti Olimpiade.

Wanita yang lahir di Tokyo 12 Juli 1938 – meninggal di Tokyo, 21 Januari 2012 pada umur 73 tahun ini dikenal sebagai perancang busana Jepang ikonik yang telah menggeluti karirnya selama puluhan tahun lamanya.

Tampilan Google Doodle memperingati hari ulang tahun Eiko Ishioka ke-79 tahun
Tampilan Google Doodle memperingati hari ulang tahun Eiko Ishioka ke-79 tahun (Google)

Sebelum banyak wanita yang terjun di industri desain grafis, Eiko telah lebih dahulu mengejar karir di bidang ini.

Terlepas dari berbagai tantang yang dihadapinya, Eiko berhasil melewati batas-batas sosial maupun artistik.

Karyanya sendiri yang bermula di iklan media cetak ini awalnya menimbulkan banyak tema yang kemudian menentukan desain kostumnya yang berani, surreal, dan tak terduga.

Atas karya-karya itu, Eiko mendapatkan pengakuan global dan meraih beberapa penghargaan mulai dari Desain Kostum Terbaik dalam Penghargaan Oscar untuk karyanya di film Bram Stoker's Dracula.

Kemudian memenangkan Desain Kostum Terbaik di ajang penghargaan Grammy untuk album Tutu, Miles Davis 1986 dan dua nominasi Tony untuk kostum M. Butterfly di Broadway.

Selama perjalanan kariernya, Eiko kerap bekerja sama dengan sutradara Tarsem Singh di beberapa film, termasuk film berjudul Mirror Mirror tahun 2012 lalu.

Sebagai bentuk penghargaan atas beberapa desain ternama Eiko di dunia perfilman, Google doodle menayangkan beberapa slide gambar Doodle untuk mengenang karya revolusionernya sekaligus memperingati hari ulang tahunnya yang ke-79 tahun. (*)

Penulis: Ayuk Fitri
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help