TribunKaltim/
Home »

News

» Etam

Dugaan Pungli di TPK Palaran

VIDEO - Mabes Polri Serahkan Barang Bukti dan Tersangka Kasus Dugaan Megapungli di TPK Palaran

Pelimpahan tersebut adalah untuk kasus dugaan pungutan liar (pungli) di Terminal Peti Kemas Palaran yang melibatkan dua Koperasi yakni Komura dan PDIB

VIDEO - Mabes Polri Serahkan Barang Bukti dan Tersangka Kasus Dugaan Megapungli di TPK Palaran
Tribunkaltim.co/Budhi Hartono
Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda, Retno Harjantari Iriana menjelaskan barang bukti berikut tersangka yang dilimpahkan Mabes Polri untuk kasus dugaan megapungli di TPK Palaran yang melibatkan petinggi di dua koperasi yakni Komura dan PDIB, Kamis (13/7/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Budhi Hartono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kejaksaan Negeri Samarinda menerima pelimpahan berkas tahap II dari Mabes Polri ke Kejaksaan Negeri Samarinda, Kamis (13/7/2017).

Pelimpahan tersebut adalah untuk kasus dugaan pungutan liar (pungli) di Terminal Peti Kemas Palaran yang melibatkan dua Koperasi yakni Komura dan Pemuda Demokrat Indonesia Bersatu (PDIB).

Nilai punglinya cukup membuat terhenyak publik lantaran mencapai Rp 6,1 Miliar.

Proses pelimpahan berlangsung mulai pukul 13.00 wita sampai 16.15 wita. Sebelum menerima pelimpahan, Kejari Samarinda melakukan pemberkasan empat tersangka dan menverifikasi alat bukti dan berkas penyidikan.

Empat Tersangka Jafar Abdul Gaffar (Ketua Komura), Heri Susanto alias Abun (Ketua PDIB), Dwi Hari Winarno (Sekretaris Komura) dan Noer Asrians?yah alias Elly (Sekretaris PDIB), menjalani proses tahap II pelimpahan berkas dari Mabes Polri ke Kejaksaan Negeri Samarinda, Jalan M Yamin, Samarinda.
Empat Tersangka Jafar Abdul Gaffar (Ketua Komura), Heri Susanto alias Abun (Ketua PDIB), Dwi Hari Winarno (Sekretaris Komura) dan Noer Asriansyah alias Elly (Sekretaris PDIB), menjalani proses tahap II pelimpahan berkas dari Mabes Polri ke Kejaksaan Negeri Samarinda, Jalan M Yamin, Samarinda. (tribunkaltim.co/budhi hartono)

Pelimpahan berlangsung memakan waktu selama tiga jam lebih. Para tersangka langsung diperiksa satu persatu oleh tim jaksa gabungan Kejagung, Kejati Kaltim dan Kejari Samarinda.

Keempat tersangka didampingi tim kuasa hukumnya antara lain Yasir (kuasa hukum Abun)‎, Roy H (kuasa hukum tersangka Elly). Sementara tersangka Jafar dan Dwi didampingi penasihat hukum asal Jakarta.

Pantuan Tribun, proses pemeriksaan alat bukti, dokumen serta berkas penyidikan. Untuk berkas dokumen yang dilimpahkan sebanyak 10 box lebih yang diangkut menggunakan mobil.

Barang bukti yang disita terkait kasus dugaan pungli di Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran yang menyeret empat tersangka.
Barang bukti yang disita terkait kasus dugaan pungli di Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran yang menyeret empat tersangka. (tribunkaltim.co/budhi hartono)

Tim Mabes Polri membawa barang bukti dokumen dipindahkan ke ruang Pidana Umum Kejari Samarinda.

Sementara, empat tersangka langsung menjalani pemeriksaan untuk melengkapi administrasi pelimpahan tahap II di Aula Kejari Samarinda.

Empat tersangka tersebut yakni

  • Jafar Abdul Gaffar (Ketua Komura),
  • Heri Susanto alias Abun (Ketua PDIB),
  • Dwi Hari Winarno (Sekretaris Komura) dan
  • Noer Asriansyah alias Elly (Sekretaris PDIB)

Usai pemeriksaan administrasi, Jaffar yang menggunakan kaus putih dilapisi jaket hitam, Abun menggunakan kemeja putih, Dwi hanya mengenakan kaus warna abu-abu dan Elly mengenakan kemeja putih sambil menenteng tas.Empat tersangka langsung digelandang tim Mabes Polri dan Kejari Samarinda ke Rutan Sempaja, Samarinda.

Empat Tersangka Jafar Abdul Gaffar (Ketua Komura), Heri Susanto alias Abun (Ketua PDIB), Dwi Hari Winarno (Sekretaris Komura) dan Noer Asrians?yah alias Elly (Sekretaris PDIB), menjalani proses tahap II pelimpahan berkas dari Mabes Polri ke Kejaksaan Negeri Samarinda, Jalan M Yamin, Samarinda.

?
Empat Tersangka Jafar Abdul Gaffar (Ketua Komura), Heri Susanto alias Abun (Ketua PDIB), Dwi Hari Winarno (Sekretaris Komura) dan Noer Asriansyah alias Elly (Sekretaris PDIB), menjalani proses tahap II pelimpahan berkas dari Mabes Polri ke Kejaksaan Negeri Samarinda, Jalan M Yamin, Samarinda.  (tribunkaltim.co/budhi hartono)

"Berkas yang dilimpahkan ada empat berkas perkara. Beserta penyerahan barang bukti sejumlah Rp 259.470.712.473, mobil 5 unit dan motor 6 unit serta 1 rumah dan tanah," papar Kepala Kejari Samarinda, Retno Harjantari Iriana didampingi, Asisten Pidana Umum Kejati Kaltim, Adonis, Kasi Pidum Kejari Samarinda Kosasih, dan perwakilan kejagung, di Aula Kejari Samarinda, Jalan M Yamin, Kamis (13/7/2017).

Simak video selengkapnya di bawah ini:

(*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help