TribunKaltim/

Perpanjangan Runway Tetap Ditarget Rampung September 2017

Sebelumnya, dengan runway hanya 1.200 meter, bandara ini hanya bisa didarati pesawat jenis ATR 42 dengan kapasitas sekitar 40-an penumpang saja.

Perpanjangan Runway Tetap Ditarget Rampung September 2017
TRIBUN KALTIM / DOAN E PARDEDE
Sebuah pesawat sesaat akan lepas landas dari Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor, Minggu (16/7/2017). Tampak tanah yang akan dijadikan runway sudah dilapisi material. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Proyek perpanjangan landasan pacu (runway) bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara, dari 1.400 meter menjadi 1.600 meter terus berlanjut.

Pantauan Tribunkaltim.co di lokasi proyek, Minggu (16/7/2017), lahan sepanjang 200 meter, yang akan dijadikan runway, sudah selesai diratakan. Hanya saja belum dilapisi aspal. Beberapa alat berat dan pekerja proyek juga tampak terus beraktivitas.

Untuk diketahui, runway di bandara satu-satunya di Ibu Kota Provinsi Kaltara, Tanjung Selor ini, sudah diperpanjang dari 1.200 meter menjadi 1.400 meter.    

Runway 1.400 meter ini sendiri sudah diverifikasi oleh Kementrian Perhubungan dan dinyatakan layak untuk ATR 72, yang bisa mengangkut lebih dari 70 penumpang.

Sebelumnya, dengan runway hanya 1.200 meter, bandara ini hanya bisa didarati pesawat jenis ATR 42 dengan kapasitas sekitar 40-an penumpang saja.

Kepala Sub Seksi Teknik, Operasi, Keamanan, dan Pelayanan Bandara Kelas III-C Tanjung Harapan, Robby Fajar Suryanegara, di sela-sela menghadiri syukuran HUT Bhayangkara ke-71 di Mapolres Bulungan, Jalan Agathis, Tanjung Selor, pekan lalu menyampaikan, hingga saat ini, kemajuan pekerjaan sudah mencapai lebih dari 60 persen.

Sesuai kontrak, proyek perpanjangan runway harus sudah tuntas di September 2017 mendatang. Melihat kemajuan pekerjaan yang ada, dia optimistis target tersebut bisa dicapai.

"Kalau sekarang ini sudah 60 persenlah," ujarnya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help