TribunKaltim/

Berita Pemkab Kutai Timur

Deteksi Dini Gangguan Kesehatan, Jamaah Calhaj Kutim Mengikuti Tes Kebugaran Jasmani

Sekaligus mendeteksi secara dini bila adanya gangguan kesehatan. Agar pelaksanaan ibadah haji nantinya bisa berjalan lancar.

Deteksi Dini Gangguan Kesehatan, Jamaah Calhaj Kutim Mengikuti Tes Kebugaran Jasmani
HO
Para calon haji saat ikuti tes kebugaran. 

SANGATTA – Jelang keberangkatan, para jamaah calon haji Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengikuti tes kesehatan dan kebugaran di halaman gedung serbaguna, kompleks perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Selasa
(11/7/2017).

Sekretaris Daerah, Irawansyah yang membuka kegiatan tersebut mengatakan tes kebugaran yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kutim untuk memantau kondisi kesehatan para jamaah calhaj.

Sekaligus mendeteksi secara dini bila adanya gangguan kesehatan. Agar pelaksanaan ibadah haji nantinya bisa
berjalan lancar.

“Langkah ini adalah antisipasi dini, jangan sampai ada penyakit yang bisa mengganggu bahkan keberangkatan calhaj. Kita menginginkan semua kondisi calhaj Kutim sehat wal afiat,” kata Irawansyah.

Kegiatan tes diawali dengan pengukuran denyut nadi dan tekanan darah. Dilanjutkan berlari mengitari area lapangan kantor Bupati dengan jarak tempuh 1,6 Km dan diakhiri dengan pengukuran denyut nadi lagi.

Kepala Kantor Kemenag melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Sofiansyah mengatakan seluruh calhaj sangat antusias mengikuti tes kebugaran dan dalam keadaan sehat walafiat usai berolahraga .

"Semoga fisik dan kebugaran seluruh calhaj nantinya ketika berada di Tanah Suci guna menunaikan ibadah haji dalam keadaan baik dan sehat serta selalu dalam perlindungan Allah SWT," ujarnya.

Menurut informasi dari Kemenag Kutim, tahun 2017 ini akan memberangkatkan calhaj sebanyak 180 calhaj, termasuk dua orang petugas haji.

Mereka tergabung dalam gelombang satu kloter, yakni kloter empat yang akan terbang bersama-sama dengan rombongan calhaj asal Kota Balikpapan, Bontang dan Kutai Barat. (advertorial/hms7)

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help