TribunKaltim/

JATAM Kaltim ‎Lakukan Kalkulasi Setoran Jamrek

Sudah satu bulan lebih, Jatam Kaltim menyurati ke Pemprov Kaltim melalui Dinas Pertambangan dan Energi Kaltim.

JATAM Kaltim ‎Lakukan Kalkulasi Setoran Jamrek
tribunkaltim.co/budhi hartono
Pradarma Rupang, Dinamisator Jaringan Advokasi Tambang Kaltim 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Budhi Hartono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Diam-diam Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kaltim terus memantau perkembangan evaluasi dan penataan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang sudah di tetapkan statusnya CnC maupun Non CnC (clear and clean).

Melalui surat resmi, Jatam Kaltim meminta data tersebut. Namun yang dibalas hanya daftar perusahaan yang sudah membayar Jaminan Reklamasi (Jamrek), yang kini sedang dihitung tim Divisi Hukum dan Pusat Analisa Data.

"Kami layangkan permohonan resmi surat meminta data IUP yang CnC dan Non CnC, terhitung sejak 23 Mei. Surat kami masuk tgl 2 Juni 2017. Hingga sekarang belum mereka jawab," ungkap Dinamisator Jatam Kaltim, Pradarma Rupang, kepada Tribun, Senin (17/7/2017).

Sudah satu bulan lebih, Jatam Kaltim menyurati ke Pemprov Kaltim melalui Dinas Pertambangan dan Energi Kaltim.

"‎Yang mereka jawab daftar perusahaan yang sudah bayar Jamrek," bebernya.

Surat yang dilayangkan Jatam Kaltim bernomor : 310/jatamKaltim/Eks/V/UA/2017, tanggal 31 Mei 2017.

Surat tersebut permohonan Informasi jumlah IUP CnC dan Non CnC. "Sekarang sudah kami ajukan keberatan ke Komisi Informasi," katanya singkat.

‎Pemprov Kaltim melalui Distamben Kaltim hanya memberikan informasi seputar IUP yang membayar jamrek. Hanya saja, data tersebut secara global tidak terinci.

"Kita masih hitung lagi. Dan masih kita kaji di Divisi Hukum dan Pusat Analisis Data. Karena datanya hanya total setoran saja. ‎Data tersebut tidak rinci. Misalnya, rentang waktu setoran tidak ada, hanya total tiap perusahaan. Dalam satu atau dua hari ini hasilnya sudah ada," tuturnya. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help