TribunKaltim/

Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Bupati Yusran Aspar Hadiri Rakor Bersama Pemerintah Pusat dan Gubernur BI, Ini Harapannya untuk PPU

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menjelaskan, rakor ini untuk melakukan penyebarluasan pusat perekonomian.

Bupati Yusran Aspar Hadiri Rakor Bersama Pemerintah Pusat dan Gubernur BI, Ini Harapannya untuk PPU
HO/Humas Pemkab PPU
Bupati PPU Yusran Aspar saat berfoto bersama dengan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, dan para bupati/walikota seluruh Kaltim dalam acara Rakor Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia terkait program strategi dalam mendorong kebijakan diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi daerah dalam perbaikan ekonomi nasional, yang digelar di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Rakor ini dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan dan dihadiri Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo, Menteri Perhubungan Budi Karya, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Gubernur Kalimatan Timur Awang Faroek Ishak, dan diikuti seluruh kepala daerah bupati dan walikota se-Kaltim.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menjelaskan, rakor ini untuk melakukan penyebarluasan pusat perekonomian dengan mengembangkan berbagai sektor yang dapat menjadi pendorong perekonomian yang ada di Kaltim, dengan menekan sektor-sektor potensial seperti konektivitas infrastruktur yang terintegrasi.

Terlebih melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia selama 5 tahun berada di atas 5 persen.

Tetapi kalau melihat pertumbuhan ekonomi Kaltim tahun 2015 pertumbuhannya hanya 1,4 persen, sehingga perlu dilakukan diversifikasi struktur ekonomi dengan mengembangkan sektor pendukung perkonomian daerah maupun dalam perbaikan perekonomian nasional

“Perlu dilakukan koordinasi dan concern dalam sektor perekonomian ini, agar pertumbuhan perekonomian tidak fluktuatif di mana pertumbuhan perekonomian membaik ketika harga komoditas dunia membaik. Begitu pula sebaliknya mengingat sumber pendapatan yang dihasilkan di Kaltim pada alam seperti migas dan batu bara,” jelasnya.

Bupati PPU Yusran Aspar menghadiri Rakor Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia di Hotel Gran Senyiur beberapa waktu lalu.
Bupati PPU Yusran Aspar menghadiri Rakor Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia di Hotel Gran Senyiur beberapa waktu lalu. (HO/Humas Pemkab PPU)

Hal mendasar yang perlu dilakukan lanjutnya, memperkuat pembangunan infrastruktur dasar daerah dengan mengembangkan investasi sumber daya yang terampil dan memperkuat tata kelola birokrasi, sehingga kebijakan yang perlu dilakukan bersama daerah yang ada di Kaltim dengan upaya mengoptimalkan berbagai potensi sektor ekonomi daerah dengan hilirisasi kelapa sawit

“Diversifikasi pada perekonomian ini dapat dilakukan juga dengan mengembangkan sektor ekonomi lain seperti sektor pariwisata dan sektor maritim, termasuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus dan industri secara terpadu,” harapnya. (advertorial/humas13)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help