TribunKaltim/

Gempa Dahsyat Guncang Alaska

Gempa Dahsyat Guncang Samudra Pasifik Utara Berkekuatan 7,8 Skala Richter

Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang Samudra Pasifik utara, antara ujung Kepulauan Aleutia di Alaska dan Semenanjung Kamchatka di Rusia.

Gempa Dahsyat Guncang Samudra Pasifik Utara Berkekuatan 7,8 Skala Richter
(USGS/Straits Times)
A powerful quake of magnitude 7.8 struck in the northern Pacific Ocean between the tip of Alaskas Aleutian Islands and Russias Kamchatka Peninsula. PHOTO: USGS 

TRIBUNKALTIM.CO, WASHINGTON DC  - Gempa besar berkekuatan 7,8 pada skala Richter mengguncang Samudra Pasifik utara, antara ujung Kepulauan Aleutia di Alaska dan Semenanjung Kamchatka di Rusia.

Menurut lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut terjadi pada Selasa (18/7/2017) pukul 01.34 waktu setempat dengan pusat gempa sekitar 200 km dari kota Nikol'skoye  di pulau Bering, Semenanjung Kamchatka.

Pusat gempa berada di sebelah barat Attu, pulau paling barat di gugus Kepulauan Aleutian, wilayah paling terpencil di Alaska. Titik pusat gempa bumi besar itu sangat dangkal, hanya di kedalaman 10 km di bawah dasar laut, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS mengatakan bahwa "gelombang tsunami yang berbahaya dimungkinkan untuk pantai yang berada dalam jarak 300 km dari pusat gempa." Gelombang tsunami, bagaimanapun, tidak mungkin sampai ke pantai timur Kamchatka, sekitar 500 km jauhnya dari pusat gempa.

Gempa tersebut awalnya dilaporkan  berkekuatan 7,7 pada skala Richter, lalu direvisi lagi menjadi 7,4 dan akhirnya ditingkatkan menjadi 7,8.

Gempa besar dengan jarak pusat gempa sangat dangkal dari permukaan tanah biasanya mampu menyebabkan kerusakan yang meluas dan berat jika itu terjadi dekat dengan daratan. Gempa tersebut diikuti oleh beberapa gempa susulan.

 (Pascal S Bin Saju)
 

Berita ini telah diterbitkan Kompas.com dengan judul "Gempa Dahsyat Bermagnitudo 7,8 Guncang Alaska"

Editor: Maturidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help