TribunKaltim/

Usai Lebaran, Kantor Dinas Kependududukan dan Catatan Sipil Dibanjiri Warga

Rata-rata, warga datang untuk mengurus dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP-elektronik, hingga Surat Pindah.

Usai Lebaran, Kantor Dinas Kependududukan dan Catatan Sipil Dibanjiri Warga
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Warga memenuhi ruang tunggu kantor Disdukcapil Kabupaten Bulungan di Jalan Meranti, Tanjung Selor, Selasa (18/7/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Beberapa hari belakangan, jumlah warga yang mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulungan di Jalan Meranti, Tanjung Selor, cukup membludak.

Rata-rata, warga datang untuk mengurus dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP-elektronik, hingga Surat Pindah.

Selain antre di dalam ruang tunggu, sejumlah warga memilih menunggu di kantin atau bangku-bangku yang sudah disediakan.

Bahkan ada beberapa warga yang memilih duduk lesehan di beberapa sudut kantor.

Murni, seorang warga dari Pulau Jawa mengaku datang bersama beberapa kerabat dan tetangga, untuk mengurus KTP Kabupaten Bulungan.

Selama menetap di Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Sepunggur, Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas, dia dan rekan-rekannya masih hanya mengantongi KTP dari tempat asalnya di Pulau Jawa.

Dia berharap agar urusan di kantor Disdukcapil bisa lancar. Pasalnya, untuk datang ke Ibu Kota Provinsi, Tanjung Selor, menurutnya cukup sulit.

Saat ini, kata dia, memang sudah ada jalan tanah yang menghubungkan Tanjung Selor dan UPT Sepunggur, yang bisa ditempuh selama dua jam perjalanan. Hanya saja, jalan ini hanya bisa dilalui jika cuaca cerah.

"Tadi kita naik sepeda motor, tapi ya jalannya itu penuh perjuangan selama dua jam. Kalau hujan nggak bisa. Kalau pas hujan, terpaksa naik ketinting Rp 50 ribu belum naik taksinya Rp 100 ribulah kalau mau datang ke sini. Mudah-mudahanlah bisa selesai sehari," ujarnya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help