TribunKaltim/

Edisi Cetak Tribun Kaltim

Gara-gara Hal ini 3 Jamaah Haji Gagal Berangkat

Calhaj yang berasal dari kloter Kaltim dan Kaltara mengalami kendala tunda berangkat yang paling banyak

Gara-gara Hal ini 3 Jamaah Haji Gagal Berangkat
Tribunnews.com/Adi Suhendi
Jamaah Haji 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebanyak lima ribu lebih jamaah calon haji akan berangkat tahun ini, di antaranya ada yang berhalangan tidak bisa melanjutkan perjalanan ibadah.

Calhaj yang berasal dari kloter Kaltim dan Kaltara mengalami kendala tunda berangkat yang paling banyak karena meninggal dunia.

Hal itu disampaikan Abdul Khaliq, Sekretaris Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Balikpapan kepada Tribun saat berbincang di ruang kerjanya, lantai dua Asrama Haji Batakan, Balikpapan, Kamis (27/7/2017) sore.

"Kami sebut dengan istilah jamaah yang lunas tunda berangkat. Sudah lunas bayar, sudah berniat naik haji tetapi kemudian di detik terakhir mau berangkat ditunda karena suatu halangan tertentu," ujarnya.

Baca: Hati-hati Cuaca Panas Bayangi Jamaah Haji

Halangan yang dimaksud ialah karena meninggal dunia, sakit keras, hamil, atau keputusan mundur karena atas pengaruh suami atau istri yang juga ikut gagal berangkat.

Di antara faktor yang paling banyak tertunda itu akibat meninggal dunia. Jumlahnya tahun ini 7 orang. Disusul karena alasan sakit keras sebanyak 4 orang, kemudian ibu hamil sebanyak 3 orang.

Sementara, ada 16 orang yang melakukan pergantian kepada jamaah yang secara tiba-tiba tidak siap ikut berhaji. Contoh kasus ini ada seorang saudara dekat menggantikan saudaranya karena ada halangan sakit.

Yang sehat menggantinya, ini diperbolehkan.

Abdul Khaliq menjelaskan, meninggal dunia merupakan takdir yang tidak bisa dihindari, siapa pun itu tidak mengenal usia, status sosial, atau pun jenis kelamin pastinya manusia akan mengalami kematian, kembali kepada Allah.

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help