TribunKaltim/

Presiden Jokowi: Ada Bu Rita, SEA Games Aman

Jokowi mengapresiasi kepedulian Rita yang begitu tinggi terhadap dunia olahraga, tak hanya di daerah tapi juga di level nasional dan internasional.

Presiden Jokowi: Ada Bu Rita, SEA Games Aman
HUMAS KUKAR
Presiden Jokowi bercanda dengan Bupati Kukar Rita Widyasari saat acara pelepasan Kontingen SEA Games 2017 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8). 

TRIBUNKALTIM.CO - Kepedulian Rita Widyasari dalam dunia olahraga sungguh luar biasa. Bupati Kutai Kartanegara ini dipercaya menjadi bendahara umum Kontingen Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Presiden Jokowi pun menyampaikan apresiasinya secara langsung kepada Rita, saat acara pelepasan 533 atlet yang akan berlaga di pesta olahraga Asia Tenggara, di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8).

"Mantap, ada Bu Rita Bupati Kukar. SEA Games aman," ujar Jokowi yang langsung disambut tawa para anggota kontingen. Jokowi mengapresiasi kepedulian Rita yang begitu tinggi terhadap dunia olahraga, tak hanya di daerah tapi juga di level nasional dan internasional.

"Kegiatan ini patut kita dukung. Olahraga itu adalah alat perekat persatuan dan solidaritas anak bangsa, dengan olahraga rakyat bisa sehat, sportivitas dan disiplin," kata Rita yang juga menjabat bendahara umum PP Cricket Indonesia.

Selain itu, yang membanggakan di defile nanti pada pembukaan Sea Games di Kuala Lumpur, dalam barisan ada 4 atlet yang pakai baju daerah, semua dari Kukar. "Kukar untuk Indonesia, baju adat Kutai dan Dayak, hanya itu yang ada di barisan, kerenkan," ujarnya.

Sebelumnya, pada April lalu, kepala daerah perempuan pertama di Kalimantan ini juga diberi penghargaan dari Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dengan Golden Award 2017 Bupati Peduli Olahraga.

Sementara itu, dalam acara pelepasan atlet kemarin, Jokowi memberikan motivasi. "Ingatlah bahwa di sana saudara-saudara mewakili Indonesia, negara yang sudah 10 kali menjadi juara umum di SEA Games. Ini perlu diingatkan," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, 250 juta penduduk Indonesia mendukung penuh para atlet. Masyarakat Indonesia akan selalu mendukung apa pun hasil yang diraih.

"Ketika Saudara jatuh, 250 juta rakyat Indonesia akan ikut menangis. Saat saudara bangkit, 250 juta rakyat Indonesia juga bersorak gembira. Sebab mereka merasakan kemenangan setiap atlet Indonesia," ujar Jokowi.

Ia menekankan, satu hal yang lebih penting daripada meraih medail yakni perjuangan para atlet menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, bangsa yang bersaing, dan bangsa bermental pemenang serta menjunjung tinggi fair play.

"Yang menjadi sumber inspirasi, sumber optimisme bagi seluruh rakyat Indonesia yang akan menyaksikan perjuangan Saudara-saudara," ujar Jokowi.

"Saya ucapkan selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia, mengharumakan nama bangsa. Dari Tanah Air, saya akan menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di SEA Games ke-29 dan bendera merah-putih berkibar mewakili kebanggaan bangsa Indonesia," lanjut dia.

Diketahui, 533 atlet tersebut dibagi ke dalam 37 cabang olahraga yang dipertandingkan.
Cabang olahraga itu di antaranya, futsal, sepak bola, taekwondo, voli, dan ski air.

Turut hadir dalam acara pelepasan itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua KOI Erick Thohir, dan Kepala Kontingen Indonesia untuk SEA Games Azis Syamsudin.

Penulis: M Abduh Kuddu
Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help