TribunKaltim/

Edisi Cetak Tribun Kaltim

Siang Malam Dikebut, Ini Jadwal Proyek Landasan Pacu BSB Harus Rampung

Pemprov Kaltim pun saat ini tengah mengejar target penyelesaian fisik landasan pacu tersebut.

Siang Malam Dikebut, Ini Jadwal Proyek Landasan Pacu BSB Harus Rampung
tribunkaltim.co/Anjas Pratama
Beberapa pekerja di landasan pacu Bandara Samarinda Baru (BSB). Rencananya, Kamis (1/9/2016) besok bandara ini akan mendapat nama baru. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Budhi Hartono dan Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Target penyelesaian proyek pembangunan landasan pacu (runway) Bandara Samarinda Baru (BSB) hingga akhir 2017 atau tinggal empat bulan lagi.

Pemprov Kaltim pun saat ini tengah mengejar target penyelesaian fisik landasan pacu tersebut.

Seperti diketahui, meski BSB telah resmi diserahkan Pemprov Kaltim kepada Kemenhub untuk pengoperasionalannya, pemprov masih memiliki utang menyelesaikan landasan pacu.

Baca: Kapal Perang Kebanggaan Indonesia Ada di Semayang, Yuk Lihat Lebih Dekat

"Pekerjaan di lapangan masih jalan terus. Dari keseluruhan runway, yang belum teraspal di daerah longsoran, panjangnya 275 meter. Selain itu ada juga proses konstruksi di pinggir runway, sepanjang 355 meter. Itu saja. Untuk konstruksi, kami target selesai Agustus ini," ujar Kepala Dishub Kaltim Salman Lumoindong saat ditemui Tribun, belum lama ini.

Khusus tim penanganan area longsor, sampai saat ini masih dilakukan pengerjaan dengan metode cerucuk matras beton.

"Penanganan area longsor terus dilakukan hingga Oktober untuk pemancangannya. Setelah itu, masuk konstruksi, baru pengaspalan. Untuk mengatasi longsor, kami ada tim ahli dari Bandung, Prof. Paulus. Saat ini kami pisahkan antara daerah longsor dengan runway. Yang longsor kan sebenarnya bukan runway, hanya pinggirnya," ujarnya.

Metode cerucuk beton sendiri, memang biasanya dilakukan untuk kondisi tanah yang kurang stabil. Cara yang digunakan dengan memasang beton-beton secara vertikal ke dalam tanah, untuk memperkuat daya dukung di atas tanah. "Nanti akan seperti jembatan kembar," kata Salman.

Baca: Suaminya Dibakar Hidup-hidup, Ini Sikap Siti Zubaidah kepada Para Pelaku

Halaman
1234
Penulis: tribunkaltim
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help