TribunKaltim/

4.068 Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan Sampai di Tanah Suci

Rabu (9/8) tercatat sudah ada 4.068 haji terbagi dari sembilan kloter asal e mbarkasi Balikpapan yang berada Arab Saudi.

4.068 Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan Sampai di Tanah Suci
tribunkaltim.co/Nevrianto Hardi Prasetyo
Jemaah calon haji dari Kelompok Terbang (Kloter) 1 dari Kota Samarinda berjabat tangan dengan keluarga yang mengantarkan sebelum diberangkatkan ke Embarkasi Kota Balikpapan. Musim haji selalu mengingatkan suasana saat beribadah di Tanah Suci. Menjadi haji yang mabrur adalah keinginan setiap calon haji. 

BALIKPAPAN, TRIBUN - Data dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi B alikpapan per Rabu (9/8) mencatat sudah ada 4.068 haji terbagi dari sembilan kloter asal e mbarkasi Balikpapan yang berada Arab Saudi.

“Hingga kloter sembilan sudah sampai 70,23 persen jemaah yang kita berangkatkan,” ujat Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Balikpapan, Saifi saat dihubungi Kamis (10/8).
Sedangkan kloter 10 yang menjadi kloter terakhir di gelombang satu, asal Balikpapan (53 orang), Penajam Paser Utara (237), Berau (153) dengan total 448 orang, termasuk petugas pendamping dijadwalkan berangkat hari ini, Jumat (11/8) sekitar pukul 14.25 Wita.

Mengenai sekitar 20-an jemaah yang sempat tertunda keberangkatannya di kloter-kloter s ebelumnya dikarenakan sakit, Saifi menjelaskan, sejauh ini sudah bisa diberangkatkan lewat k loter lain setelah sebelumnya dinyatakan sembuh dan laik ibadah haji. “Oleh dokter yang b ersangkutan diperkenankan berangkat, hanya menyusul kloter berikutnya,” ujar Saifi.

Saifi mengimbau agar jemaah menjaga kedisiplinan mengingat cuaca di Arab Saudi yang m encapi 50 derajat celcius dan meminta agar jemaah tidak keluar hotel jika tidak diperlukan. S elain meminta jemaah haji tidak ikut-ikutan rombongan jemaah luar negeri.

“Dengan kata lain lebih baik fokus mempersiapkan rukun dan ibadah haji saja. Kalau banyak keluar hotel nanti bisa jadi kesulitan di puncak ibadah haji nanti,” tambahnya.

Ditambahkan oleh Kristanto Sutopo selaku Kepala Seksi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah K antor Kesehatan Pelabuhan yang membantu memantau kesehatan jemaah haji di embarkasi B alikpapan, kebanyakan jemaah haji yang tertunda keberangkatannya disebabkan kelelahan dan anemia akibat kurangnya kadar HB (Hemoglobin).

Sebelum naik pesawat biasanya, tim medis memastikan kadar HB berada di angka 10. “Kalau HB di bawah 10, takutnya terjadi sesak nafas selama di pesawat,” ujarnya.

Gelombang kedua pemberangkatan haji dari embarkasi ini akan berlangsung 11-13 Agustus m endatang. Sebanyak 1.724 jemaah haji rencananya langsung bertolak ke tanah suci melalui M adinah. Totalnya, tahun ini ada 5.792 jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Balikpapan. (m02)

Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help