TribunKaltim/

Kebanggaan Kaltim

Arwana 'Super Red Kalimantan', Ikan Super Mahal Pembawa Keberuntungan

IKAN Arwana sejak dulu sudah populer. Bahkan sebelum munculnya nama pelawak Tukul Arwana di dunia layar kaca televisi, ikan Arwana sudah naik daun

Arwana 'Super Red Kalimantan',  Ikan Super Mahal Pembawa Keberuntungan
NET
Arwana Red Kalimantan 

IKAN Arwana sejak dulu sudah populer. Bahkan sebelum munculnya nama pelawak Tukul Arwana di dunia layar kaca televisi, ikan Arwana sudah naik daun terlebih dahulu, banyak orang menggemari ikan bergenus Scleropages ini.

Terutama bagi mereka pecinta hobi ikan hias, tidak pernah absen memilihara menangkar dan mengembangbiakkan ikan air tawar ini. Arwana memiliki bentuk tubuh yang bagus, kulit tubuhnya juga menawan, indah saat berenang meliak-liuk di kotak aquarium kaca.

Satu di antaranya, Eddy Gunawan, yang pernah diulas Tribunnews.com, merupakan pria penghobi ikan hias arwana sejak 1997, memelihara berbagai jenis Arwana yang tergolong mahal dan menarik.

Bagi dia, ikan Arwana merupakan satu di antara ikan yang sangat indah. Fisik yang dimiliki membuat decak kagum bagi siapa saja yang melihat. Keberadaannya mencari incaran banyak orang, apalagi di pasaran sempat diperdagangkan hingga bernilai jutaan rupiah.

Menurut Eddy, ikan Arwana memiliki keindahan yang berbeda, baik dari segi warna, ekor yang terurai, dayung, postur yang semampai, mata bulat dan mulut yang dilengkapi kumis. Perbedaan ini akan menjadi nilai tambah dan meningkatkan nilai jual arwana itu sendiri. Karena semakin indah Arwana, maka akan semakin mahal harganya.

Eddy menilai Arwana memiliki keindahan tersendiri, baik dari segi warna maupun bentuk. Keindahan dan ketenangan yang dimiliki arwana menurutnya bisa dinikmati. Apalagi memelihara arwana begitu mengasyikkan karena bisa dilatih.

Banyaknya koleksi Arwana yang ragam, Eddy jatuh hati pada Arwana merah. Eddy merasa sangat cinta pada Arwana jenis Super Red Kalimantan, yang bertubuh merah menyala. Di negeri matahari terbit, ikan model seperti ini bisa dihargai harga tinggi, yang kalau di Indonesia bisa dibelanjakan untuk membeli lima sepeda motor matik baru.

Untuk mencari ikan Arwana ini sekarang sudah banyak orang yang mengembangkan. Sebelum dipelihara manusia, Arwana merah ini hidup alami di perairan sungai dan danau yang tawar, jernih dan berarus lambat. Di Indonesia paling banyak hidup di sungai-sungai yang ada di Pulau Kalimantan.

Di belantika dunia perikanan Arwana Super Red, terbagi dalam beberapa kelompok. Yakni ada Arwana Super Red Biasa. Ciri ikan ini bisa dikenali dari ekornya yang merah semu. Tubuh yang menyelimutinya bersisik merah bercampur putih. Tubuh keseluruhannya berwarna merah sedikit kuning.

Berikutnya kelompok Arwana Blood Red. Ikan Arwana yang berwarna merah seperti darah manusia. Merahnya memang terang menyala. Ini dipengaruhi dari tubuhnya yang menyiman warna jingga dan kuning emas. Sisik-sisik yang menempel di tubuhnya pun merah, maka merahnya sangat terang.

Selanjutnya Arwana Chili Red. Warna yang ditonjolkan hampir serupa dengan arwana merah daerah. Namun pada Arwana Chili Red ini ada warna-warna yang muncul merah coklat sampai merembet ke bagian ekornya. Sisiknya menonjolkan warna serupa cabai merah.

Kelompok lainnya disebut Arwana Papaya Red. Disebut ini karena ikannya memiliki tubuh seperti buah pepaya yang ada kombinasi merah serta warna hijau dari ujung kepala sampai ekornya.

Pencampuran warna merah kehijau-hijauan pada tubuh Arwana Papaya Red, membuat ikan ini disapa arwana buah pepaya. Sisi sisiknya, ikan ini memancarkan warna merah bercampur kuning dan semburat hijau.

Terakhir ada Arwana Ultra Red. Pada kebanyakaan arwana Super Red, ikan Arwana Ultra ini unik, spesial berbeda dengan yang lainnya. Tubuhnya berlapis warna orange semburat putih. Biasanya warna dominan ialah merah namun ini lebih kepada merah semu, bernada warna orang semburat putih. (*)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help