TribunKaltim/

Lima Proyek MYC di Kaltim Dapat Kucuran APBN

Target rombongan Banggar DPRD Kaltim ke Bappenas mempertanyakan, biaya kekurangan pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) sekitar Rp 475 miliar.

Lima Proyek MYC di Kaltim Dapat Kucuran APBN
HO
KUNJUNGI BAPPENAS- Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Kaltim, Saefuddin Zuhri (kanan pakai kemeja batik krem berkacamata) usai mengunjungi Direktorat Otonomi Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Jakarta, Jumat (11/8) lalu. 

SAMARINDA, TRIBUN -Hasil pertemuan Badan Anggaran DPRD Provinsi Kaltim dengan pejabat Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), belum mendapatkan angka pasti alokasi anggaran lima proyek multiyears contract (MYC). Banggar DPRD Kaltim menagih janji anggaran sebesar Rp 475 miliar untuk menyelesaikan proyek Bandara Samarinda Baru (BSB)

Meski belum dipastikan berapa jatah anggaran yang digelontorkan APBN 2018, Bappenas menjanjikan, bakal mengalokasikan lima proyek yang mendapatkan kucuran dari APBN.

Target rombongan Banggar DPRD Kaltim ke Bappenas mempertanyakan, biaya kekurangan pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) sekitar Rp 475 miliar. Dana sebesar itu termasuk untuk taxi way dan runway.

"Yang kita mau tanyakan soal BSB. Karena aset sudah diserahkan ke Kementerian perhubungan. Pernah dijanjikan mau akan dialokasikan Rp 475 miliar. Itu untuk menyelesaikan runway (landasan pacu) sepanjang 2.250 meter," ungkap anggota Banggar DPRD Kaltim, Saefuddin Zuhri, kepada Tribun,di sekretariat DPW Partai Nasdem Kaltim, Minggu (13/8).

Dalam pertemuan itu, dihadiri sekitar 15 anggota Banggar DPRD Kaltim antara lain Syafruddin, Zein Taufiq Nurrohman, Sarkowi, Masykur Sarmian, Veridiana Huraq Wang, Wibowo Handoko dan Ali Hamdi serta beberapa anggota lainnya.

"Dari penjelasan pejabat Bappenas Pak Asep Saepudin, ada beberapa proyek MYC (Multiyears Contract) yang bakal dialokasikan di APBN. Cuma belum tahu berapa akan dialokasikan di APBN 2018 nanti," ungkap Politisi Partai Nasdem Kaltim yang menjabat Wakil Ketua Komisi III DPRD.

Kepastian nilai anggaran lima proyek di Kaltim yang masuk dalam program pembangunan nasional, setelah menggelar rapat koordinasi nasional seluruh Bappeda se Indonesia di Bandung, 21 Agustus 2017.

Ini dikemukakan, Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Kaltim, Zein Taufiq Nurrohman. Menurut? dia, beberapa proyek MYC (Multiyears Contract) yang dijanjikan Bappenas karena masuk dalam program pembangunan nasional.

Kelima proyek yang mendapatkan bantuan APBN 2018, antara lain, Bandara Samarinda Baru, Tol, Jembatan Pulau Balang, Pelabuhan Maloy dan SPAM (Sistem Pengolahan Air Minum) di Sekerat, Kutim.

"Memang belum bisa disebutkan berapa yang akan dialokasi. Tapi menurut Bappenas, alokasi itu setelah ada hasil rakor tanggal 21 Agustus di Bandung," ungkap Zein, yang menjabat Ketua Komisi I DPRD Kaltim, di Samarinda, Minggu (13/8).

Lima proyek itu sudah masuk dalam agend?a proyek yang berbasis anggaran nasional. "Makanya beberapa proyek itu dipastikan dapat ?anggaran dari APBN. Nominalnya tunggu setelah hasil Rakor di Bandung," kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kaltim.

Rombongan Banggar sekitar 15 orang, diterima oleh pejabat Perencana Muda Direktorat Otonomi Daerah, Bappenas, Asep Saepudin S, Sos, MSi didampingi Supriyanto. (bud)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help