TribunKaltim/

Tujuh Calon Jamaah Haji Lansia Didampingi Anaknya

“Jamaah berangkat dari Tenggarong besok (hari ini) pukul 14.00. Sebelum Dhuhur, seluruh jamaah diharapkan sudah kumpul di Masjid Agung Sultan Sulaiman

Tujuh Calon Jamaah Haji Lansia Didampingi Anaknya
Tribun Kaltim/RAHMAD TAUFIK
Pengumpulan koper haji kloter 2 di Kantor Kemenag Kukar, Jumat (28/7/2017)_RAHMAT TAUFIQ 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG – Tujuh orang calon haji lanjut usia (lansia) yang masuk rombongan Kloter 13 asal Kukar mendapat pendampingan dari anak kandung mereka. Sehingga jamaah kloter 13 mendapat tambahan 7 kursi dari semula 62 orang menjadi 69 calon haji.

“Tujuh orang pendamping ini kita usulkan ke Kemenag (Kementerian Agama) Pusat. Dan usulan ini diterima sehingga mereka akan bergabung dengan Kloter 13, jadi ada open seat sebanyak 7 kursi,” kata Saifullah, Kasi Penyelenggaraan Umrah dan Haji Kantor Kemenag Kukar, Minggu (13/8).

Syarat bagi jamaah pendamping ini harus menyertakan bukti akta kelahiran dan terdaftar sebagai calon haji minimal 3 tahun. “Pendamping ini harus anak kandung dari jamaah lansia yang didampinginya. Ini dibuktikan dengan akta kelahiran, jadi anak menantupun tidak boleh mendampingi,” tuturnya.

Sedangkan jamaah lansia yang didampingi harus berusia 74 tahun ke atas. Di kloter 13 ini, jumlah lansia terbilang paling banyak dibandingkan 2 kloter sebelumnya, yakni 27 orang.

Bahkan, jamaah paling tua berada di Kloter 13 dengan usia 87 tahun asal Kecamatan Muara Badak. “Sebetulnya, banyak calon jamaah datang kemari untuk menjadi pendamping orangtua mereka, bahkan ada yang mengancam segala. Tapi kami tegaskan bagi pendamping tetap harus memenuhi syarat administrasi, yakni minimal 3 tahun terdaftar sebagai calon haji sebelum keberangkatan. Artinya, kalau ia mau berangkat tahun ini, maka minimal pendamping melakukan setoran awal haji pada 2014,” ucap Saiful. Pendamping dari jamaah lansia ini juga ditentukan satu orang.

Rombongan Kloter 13 akan diberangkatkan dari Balikpapan ke Tanah Suci pada Selasa (15/8) pukul 22.15. Calon jamaah sudah masuk asrama haji Balikpapan, Senin (14/8) pukul 21.00.

“Jamaah berangkat dari Tenggarong besok (hari ini) pukul 14.00. Sebelum Dhuhur, seluruh jamaah diharapkan sudah kumpul di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong,” kata Saiful.

Pengumpulan koper dilaksanakan pada Minggu (13/8) mulai pukul 08.00-15.00. Rombongan haji Kukar ini akan digabungkan dengan 332 jamaah asal Sulawesi Utara di Kloter 13. Kloter 13 ini merupakan Kloter terakhir pemberangkatan rombongan haji untuk wilayah Kaltim, Kaltara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Terkait visa, Saiful mengatakan tidak ada masalah bagi seluruh jamaah Kukar di Kloter 13. Semua jamaah sudah mengantongi visa sehingga tidak ada kendala dalam keberangkatan mereka ke Tanah Suci. Sekadar diketahui total jamaah haji Kukar yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini mencapai 543 orang, yakni 450 orang di Kloter 2, 24 orang di Kloter 9 dan 69 orang di Kloter 13. Sedangkan 2 calon haji asal Kukar batal berangkat tahun ini dikarenakan meninggal dunia dan hamil.

Keduanya masuk rombongan Kloter 2. Untuk jamaah yang hamil, ia akan diprioritaskan pada pemberangkatan haji tahun depan. (*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help