TribunKaltim/

Walikota Siap Tunjuk Sekwan, Bila tak Ada yang Melamar

Pendafataran lelang terbuka tersebut dibuka per 1 Agustus 2017 sampai 15 Agustus 2017.

Walikota Siap Tunjuk Sekwan, Bila tak Ada yang Melamar
Net/Google
Ilustrasi 

BALIKPAPAN, TRIBUN -Pemerintah Kota Balikpapan telah melaksanakan lelang jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD kota Balikpapan. Pendafataran lelang terbuka tersebut dibuka per 1 Agustus 2017 sampai 15 Agustus 2017.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan hingga Minggu (13/8) belum mengetahui apakah sudah ada yang mendaftar lelang terbuka tersebut atau belum. Bila hingga batas pendaftaran lelang jabatan tersebut tidak ada yang mendaftar maka kepala daerah berwenang untuk menunjuk sekwan.

"Kalau nanti pada akhirnya tidak ada yang melamar maka ada kewenangan kepala daerah untuk menunjuk," katanya.

Rizal mengungkapkan bahwa dirinya mendorong beberapa staf ahli, sekretaris OPD yang cukup memenuhi persyaratan untuk mengikuti lelang jabatan tersebut.

"Saya mendorong beberapa dari staf ahli. Saya juga minta dari teman teman sekretaris OPD yang cukup waktu mau naik ke eselon 2, ini kesempatan atau yang sudah di eselon 2 misalnya staf ahli saya dorong untuk bisa ikut, " katanya.

Menurutnya, untuk mengisi jabatan sekwan, memang dibutuhkan sesorang yang handal. Pasalnya secara administrasi berada di Pemkot, sementara secara operasional berada di legislatif (dewan). "Jadi perlu orang yang betul betul bisa," katanya.

Saat dikonfirmasi apakah Plt Sekwan saat ini, Sukaryanto, mampu untuk menjabat sebagai sekwan, Rizal mengungkapkan bahwa dirinya belum melaksanakan tes terhadap Sukaryanto.

Namun bila dilihat dari gejolak yang muncul akhir-akhir ini di DPRD kota Balikpapan, dirinya mengaku kinerja Sukaryanto belum maksimal dan belum sesuai harapan. "Saya kira memang pak Sukar kita belum tes betul, tapi dari kenyataan ini masih kurang belum maksimal belum sesuai harapan memang dari eselon 3 ," katanyam

Rizal mengatakan bahwa untuk menunjuk sekwan maka harus ada tahapan-tahapan yang dilalui. "Nanti ada tahapannya apakah diperpanjang dulu atau bagaimana," katanya.

Pihaknya juga menjelaskan dalam mekanisme penunjukan sekwan pemkot harus mengonsultasikan kepada unsur pimpinan DPRD kota Balikpapan. Bila mendapatkan persetujuan maka tes selanjutnya akan dilakukan.

"Kalau mekanismenya sudah ada, yang daftar kita konsultasikan kepada unsur pimpinan dewan apakah calon itu disetujui atau tidak setelah dapat persetujuan bersama baru tes berikutnya," katanya. (ald)

Penulis: Muhammad Alidona
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help