TribunKaltim/

Kebanggaan Kaltim

Gajah Kalimantan Terancam Punah, Ini 3 Jenis Ancamannya

KEBERADAAN gajah Kalimantan saat ini juga memiliki berbagai ancaman. WWF Indonesia memberikan 3 jenis ancaman utama untuk gajah Kalimantan.

Gajah Kalimantan Terancam Punah, Ini 3 Jenis Ancamannya
Boredpanda
Kawanan gajah berlarian menyambut seekor bayi gajah yang baru diselamatkan 

TRIBUNKALTIM.CO - KEBERADAAN gajah Kalimantan saat ini juga memiliki berbagai ancaman. WWF Indonesia memberikan 3 jenis ancaman utama untuk gajah Kalimantan.

Pertama adalah rusaknya habitat hidup. Gajah Kalimantan, tidak hidup di dalam hutan konservasi ataupun taman nasional di Kaltara. Mereka hidup di luar itu. Ini membuat ancaman kawasan hidup akibat munculnya lahan sawit, HTI, atau pembukaan tambang menjadi yang paling utama.

Selain akibat munculnya industri, pembalakan liar kawasan hutan juga ikut mengancam kehidupan Gajah Kalimantan. Ancaman terakhir, peburuan.

Baca: Gajah Termungil di Dunia Ini Ternyata Penghuni Hutan Nunukan

Meskipun belum terdengar kasus matinya gajah di Nunukan, Kaltara akibat perburuan gading, tetapi pola perburuan gading di wilayah yang berdekatan dengan Nunukan, yakni Sabah, Malaysia, sudah pernah terjadi. Ditakutkan, jika di kawasan Sabah sudah teridentifikasi perburuan gading gajah, tak menutup kemungkinan gajah di Kaltara juga alami hal serupa.

Menurut Agus, sepanjang pertengahan 2017, sudah ada 5 laporan penyelundupan gading yang diduga beradal dari Sabah. "Gading diselundupkan melalui pelabuhan Nunukan. Ini bisa terjadi, karena harga gading gajah sangat mahal, per kilonya Rp 40 juta," ujar Agus.

Baca: Ngebet Makan Pakai Sambal, Begini Aksi Pak Bupati Suami Arumi Bachsin, Netter: So Sweet

Hal ini diakui Staf Konservasi Keanekaragaman Hayati BKSDA Kaltim, Jono Adi Putro, yang menjadi saksi ahli dalam kasus perdagangan gading di Nunukan.

"Ada 5 kasus. Tiga di-handle Gakkum KLHK, satu oleh Polres Nunukan, dan satu lagi oleh Polres Tarakan. Kalau permasalahan tingginya harga gading gajah, itu memang demikian. Bahkan, di Nunukan ketika terjadi kasus, informasi, gading gajah yang berukuran 1,5 meter
itu sudah mau dihargai Rp 200 juta. (*)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help