TribunKaltim/

Creamy-nya Tight Nori Chicken Breast

Tight nori breast ini perpaduan Jepang dan Eropa. Kita bisa lihat adanya saus krim yang merupakan ciri khas masakan Eropa

Creamy-nya Tight Nori Chicken Breast
TRIBUN KALTIM/ JINO PRAYUDI KARTONO
Tight Nori Chicken Breast 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Jino Prayudhi

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN-  AKTIVITAS harian membutuhkan asupan energi. Hal tersebut yang diperhatikan manajemen Hotel Blue Sky kepada para pengunjung yang datang untuk makan siang.
Mereka menyediakan berbagai macam menu yang hanya disajikan selama hari kerja. Satu di antaranya adalah Tight Nori Chicken Breast dan Classic Chicken Breast with Ponzu Sauce. Kedua menu tersebut merupakan salah satu menu yang tersaji selama weekedays atau di hari kerja.

Sesuai namanya, kedua varian menu itu menggunakan daging ayam sebagai bahan utama. Hanya saja yang membedakannya adalah gaya penyajiannya. "Tight nori breast ini perpaduan Jepang dan Eropa. Kita bisa lihat adanya saus krim yang merupakan ciri khas masakan Eropa," kata head chef Zainal Arifin.

Sementara Classic Chicken Breast with Ponzu Sauce ini menggunakan gaya oriental. Dan juga sepintas bentuknya mirip dengan bebek peking khas Tiongkok. Proses pembuatannya tidak lama. Sebab sebelum pembeli memesan ayamnya diungkep terlebih dahulu dengan menambahkan bumbu spesial.

Setelah itu dimasak di atas pan dengan api sedang. Bakar hingga matang, kemudian untuk saus krimnya ia menggunakan saus mayonaise ditambahkan dengan bumbu spesial yang dibuat sendiri. Lalu untuk norinya direbus sebentar bersama dengan bayam. Lalu sajikan nori bersama bayam terlebih dahulu, kemudian tumpuk dada ayam di atas nori dan bayam.

Setelah itu tuang saus krim secara merata. Agar semakin cantik beri hiasan potongan kentang dan paprika. Sementara untuk Classic Chicken with Ponzu Sauce memasaknya menggunakan dua kali teknik pemasakan.
Pertama rebus ayam sebentar agar menghilangkan kotoran yang menempel di daging ayam. Tak hanya itu tujuannya juga mengempukkan daging ayam yang akan digoreng. Kemudian rebus lagi dengan menambahkan bumbu rempah agar memiliki citarasa yang gurih dan empuk.

Setelah itu goreng ke dalam minyak panas hingga berwarna coklat terang. Untuk sausnya menggunakan saus ponzu yang merupakan saus khas Jepang. Lalu angkat ayam dari wajan penggorengan dan sajikan di atas piring yang telah disajikan. Kemudian Arifin menuangkan saus tersebut ke atas piring.

Citarasa kedua varian menu tersebut sangat berbeda. Untuk Tight Nori Breast lebih creamy dan rasanya sungguh gurih. Lalu ayamnya begitu lembut sehingga sangat mudah ketika dipotong. Lalu ada sensasi rumput laut yang nikmat dari nori.
Sementara untuk Classic Chicken with Ponzu Sauce lebih terasa asin dan ada rasa gurih dari rempah yang diberikan oleh sang juru masak. Harga tiap porsi dari kedua varian tersebut dibanderol Rp 139ribu. (*)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help