TribunKaltim/

Sedapnya Bakso Tom Yum Perpaduan Kuliner Thailand dan India

Anda bisa mencicipi bakso di The Garden Restaurant Blue Sky Hotel Balikpapan. Bakso ini menggunakan bumbu Tom Yum khas negeri gajah putih.

Sedapnya Bakso Tom Yum Perpaduan Kuliner Thailand dan India
TRIBUN KALTIM/ JINO PRAYUDI KARTONO
Bakso Tom Yum 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Jino Prayudhi

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -  BAKSO menjadi salah satu favorit makanan yang disukai masyarakat Indonesia. Tak heran di kota manapun di Indonesia pasti menyajikan kuliner berpentol serta berkuah ini. Bakso pas disantap di waktu kapan saja.
Anda pun bisa mencicipi bakso di The Garden Restaurant Blue Sky Hotel Balikpapan. Bakso ini menggunakan bumbu Tom Yum khas negeri gajah putih. Agar cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, Executive Chef Cedric Trossean menggabungkan beberapa gaya.

"Di sini saya gabungkan gaya Oriental, India dan Thailand," kata Cedric. Bahkan pentol baksonya di sini dibuat sendiri oleh sang chef. Jadi aman dikonsumsi dan tidak menggunakan bahan pengawet. Bakso yang digunakan berasal dari ikan makarel.

Alasanya tekstur daging makarel lebih lembut dibandingkan jenis ikan lain. "Ikannya sangat juicy dan lembut serta berkualitas," katanya.
Pertama potong dan pisahkan daging ikannya terlebih dahulu. Lalu ia tambahkan beberapa bumbu agar terasa gurih. Setelah itu lumatkan dan bentuk hingga berbentuk seperti bola pingpong.
Lalu rebus ke dalam mangkuk dari porselin. Metodenya mirip seperti hotplate. Selama perebusan ia tambahkan kuah berbahan campuran kare merah dan tom yum sendiri. Tambahkan sayuran seperti pokcoy, sohun, wortel dan kacang panjang.

Setelah itu angkat dari kompor dan siap disajikan. Cedric memberikan tambahan seperti jeruk lemon, sambal, dan potongan daun bawang secara terpisah.
Untuk soal rasa agak kecut khas dari tomyumnya. Lalu kuahnya ada citarasa kare yang mirip dengan masakan khas India. Untuk dapat menikmati satu mangkuk Bakso Tom Yum dibanderol Rp 72 ribu++. Selamat mencoba. (*)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help