TribunKaltim/

Gerbang Pendaftaran Daring Mulai Dibuka Calon Pelamar Wajib Punya Surel

Calon peseeta seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 instansi/daerah untuk 1 pilihan nama jabatan dalam 1 jenis formasi jabatan

Gerbang Pendaftaran Daring Mulai Dibuka Calon Pelamar Wajib Punya Surel
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Ilustrasi: Pelaksanaan simulasi seleksi CPNS menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) di laboratorium CAT Pemprov Kaltara di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, tahun 2014 silam. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pendaftaran daring (online) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemprov Kalimantan Utara dimulai hari ini, Senin (11/9). Pendaftaran dibuka hingga tanggal 25 September nanti.

Calon pelamar bisa mendaftar secara daring ke alamat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) 2017 di http://sscn.bkn.go.id. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Pengumuman Gubernur Kalimantan Utara Nomor 810/727/2.1-BKD tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Pemprov Kalimantan Utara Tahun Anggaran 2017.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pendaftaran seperti wajib bagi calon memiliki surel (surat elektronik atau email). Calon pelamar juga harus menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai pada Kartu Keluarga calon pelamar.

Pendaftaran dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, pendaftaran awal untuk memperoleh akun calon peserta seleksi. Pendaftaran tetap dilakulan di portal SSCN yakni https://sccn.bkn.go.id. Pendaftaran kedua, ialah pendaftaran formasi jabatan sesuai kualifikasi pendidikan pelamar.

"Calon peseeta seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 instansi/daerah untuk 1 pilihan nama jabatan dalam 1 jenis formasi jabatan (formasi umum) pada 1 periode pendaftaran. Pendaftar dapat mendaftar di instansi/daerah lain dalam periode yang berbeda," tulis pengumuman Gubernur Kalimantan Utara.

Untuk mendaftarkan formasi jabatan yang diinginkan, calon pelamar diarahkan login ke https://sscn.bkn.go.id untuk mengisi biodata dan melanjutkan proses pendaftaran instansi/daerah yang dituju dan memilih jenis formasi.

Kartu Pendaftaran baru akan didapatkan calon pelamar setelah semua tahapan pendaftaran selesai. Kartu Pendaftaran daring akan disertakan pada saat verifikasi pendaftaran ke Pansel Penerima CPNS Pemprov Kalimantan Utara tepatnya di Kantor BKD Kalimantan Utara, Jalan Durian, Tanjung Selor.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, dalam seleksi CPNS ini, Pemprov Kalimantan Utara hanya membantu Kemenpan RB dan BKN RI menyiapkan laboratorium komputer dan berbagai macam ATK untuk keperluan tes dan pemberkasan peserta seleksi. "Jadi pemprov sifatnya mendukung Kemenpan RB melaksanakan seleksi di daerah," sebutnya.

Dalam seleksi CPNS secara terbuka ini, Irianto memastikan tak ada praktik sogok-menyogok. "Jangan harap Gubernur dan orang Kemenpan RB bisa bantu. Gubernur dan Menteri saja tidak punya kewenangan. Hasilnya nggak bisa dimanipulasi. Tahun 2014 juga seperti itu," ujarnya.

"Saya waktu Pj Gubernur merasakan waktu seleksi CPNS 2014 banyak yang datang ke rumah, banyak SMS, ada juga yang memaki karena keluarganya tidak lulus," ujarnya. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help