TribunKaltim/

Senin Ini Wings Air Terbang Perdana dari Balikpapan ke Tanjung Selor

Orang akan berurusan ke ibukota provinsi ini akan jadi lebih mudah. Lalu mobilitas orang dan kegiatan ekonomi akan meningkat

Senin Ini Wings Air Terbang Perdana dari Balikpapan ke Tanjung Selor
net
Wings Air 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Mobilitas orang dan barang serta pergerakan ekonomi Tanjung Selor diyakini akan lebih impresif dengan hadirnya penerbangan langsung dari Balikpapan- Tanjung Selor, maupun rute sebaliknya.

Hari ini, Senin (11/9) satu unit pesawat ATR-72 600 milik maskapai Wings Air akan mulai terbang perdananya dari bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menuju bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Penerbangan ini akan berlangsung setiap hari (pulang pergi).

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan beberapa stafnya ikut dalam penerbangan perdana ini. Menjajal rute ini, Wings Air melepas tiket kepada penumpang dengan harga promo Rp 644.000 dari Balikpapan. Sedang dari Tanjung Selor harga promo lebih murah, Rp 564.000.

"Orang akan berurusan ke ibukota provinsi ini akan jadi lebih mudah. Lalu mobilitas orang dan kegiatan ekonomi akan meningkat," kata Irianto Lambrie pertengahan pekan kemarin kepada Tribun.

Hadirnya penerbangan ini diharapkan bisa menekan ongkos yang dikeluarkan calon penumpang. Sebab lazimnya sebelum ikut penerbangan rute langsung dari Tanjung Selor ke Balikpapan atau pun sebaliknya, calon penumpang harus mengakses bandara daerah tetangga seperti bandara Juwata di Tarakan dan bandara Kalimarau di Berau.

"Cost-nya tentu keluar lagi. Sekarang, anak-anak di Tanjung Selor kalau mau kuliah ke Samarinda atau ke Jawa tidak perlu lewat Tarakan lagi," sebutnya.

Warga Malinau dan Tana Tidung juga bisa menjadikan bandara Tanjung Harapan sebagai jangkar untuk mengakses daerah-daerah di luar Kalimantan Utara. Irianto berharap masyarakat bisa ikut mendukung suksesnya penerbangan ini.

Tingginya antusias masyarakat diharapkan ikut mendorong maskapai lain berekspansi bisnis di Tanjung Selor. "Sebab kalau penumpang makin banyak, Garuda Indonesia bisa masuk. Mereka kan juga punya ATR-72 600. Atau bisa kita undang untuk melayani rute di sini. Seperti rute Denpasar-Labuan Bajo itu Garuda pakai ATR-72 600," sebutnya.

Makin ramainya pergerakan di bandara Tanjung Harapan diklaim tidak akan mematikan bandara Juwata Tarakan. "Karena bagaimanapun Tanjung Selor adalah ibukota provinsi. Jadi kalau negara itu, menyediakan pilihan yang nyaman bagi masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya Siti Igelima, Distric Manager Lion Air Group Tarakan mengonfirmasi pula bahwa Wings Air dengan pesawat ATR-72 600 akan menjelajah dari Balikpapan ke Tanjung Selor pada Senin (11/9/2017).

"Insyaallah, tanggal 11 September 2017 (terbang dari Balikpapan ke Tanjung Selor," tulis Siti Igelima dalam pesan tertulis Whatsapp-nya kepada Tribun.

Selain di Traveloka, jadwal ini kata Siti sudah diumumkan di situs Loin Air Group. Begitu juga dengan reservasi dan ticketing-nya. Tiket pesawat Wings Air dari Balikpapan ke Tanjung Selor dipatok sebesar Rp 644.000 per orang dengan waktu tempuh 1 jam 5 menit. Sebaliknya dari Tanjung Selor ke Balikpapan lebih murah. Harga tiket hanya dibanderol sebesar Rp 564.000 per orang.

Sebelumnya diberitakan, pesawat ATR 72-600 Wings Air melakukan uji terbang dari bandar udara Kalimarau (Berau, Kalimantan Timur) kemudian mendarat di Tanjung Harapan (Tanjung Selor, Kalimantan Utara), sekaligus melakukan uji landasan pacu, pada 8 Agustus bulan lalu.

ATR 72 Seri 600 merupakan pengembangan pesawat seri sebelumnya, Seri 500. ATR 72 Seri 600 sangat efisien, punya kehandalan yang baik, konsumsi bahan bakar dan biaya operasi yang rendah. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help